JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)
Vol. 6 No. 11 (2023): JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share untuk Meningkatkan Rasa Percaya Diri dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD Negeri Bandarjo 02 Kabupaten Semarang

Jalu Abdi Septyabi (Universitas Kristen Satya Wacana, Indonesia)
Nyoto Harjono (Universitas Kristen Satya Wacana, Indonesia)



Article Info

Publish Date
04 Nov 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah membuktikan penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share dapat meningkatkan rasa percaya diri siswa kelas V SD Negeri Bandarjo 02, selain itu juga meningkatkan hasil belajar IPS melalui peningkatan rasa percaya diri siswa kelas V SD Negeri Bandarjo 02. Jenis penelitian yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Hasil penelitian menunjukkan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share dapat meningkatkan rasa percaya diri siswa pada pembelajaran IPS. Model pembelajaran kooperatif tipe think pair share dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa. Upaya peningkatan rasa percaya diri dan hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri Bandarjo 02 tahun ajaran 2022/2023 menggunakan model pembelejaran kooperatif tipe think pair share sebagai berikut: (a) pendahuluan, (b) thinking, (c) pairing, (d) sharing, (e) penghargaan dan penguatan materi, (f) kesimpulan dan penutup.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JIIP

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Other

Description

JIIP – Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Jurnal ilmiah ber-ISSN yang difokuskan pada keilmuan pendidikan secara umum antara lain: Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Teknologi Informasi, Pendidikan ...