Pendidikan memainkan peran penting sebagai agen sosial. Tujuan Pendidikan Nasional adalah diharapkan menghasilkan masyarakat Indonesia yang beragama dan bermoral, mampu menguasai pengetahuan dan keterampilan, sehat secara fisik dan spiritual, memiliki kepribadian yang baik, dan bertanggung jawab. Untuk mencapai tujuan ini, yang perlu dikembangkan adalah kurikulum pendidikan karena satu dimensi yang tidak dapat dipisahkan dari perkembangan dunia pendidikan nasional di masa depan adalah kebijakan terkait kurikulum. Kurikulum sebagai bagian penting dari pendidikan memiliki posisi strategis dalam dunia pendidikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi perkembangan kurikulum terhadap kualitas pendidikan di Indonesia. Jenis penelitian ini adalah studi literatur menggunakan metode kualitatif. Hasil dari penelitian ini adalah perubahan kurikulum dapat memiliki dampak positif dan negatif pada kualitas pendidikan. Salah satu dampak positif dari perubahan kurikulum ini adalah bahwa siswa dapat belajar untuk mengikuti perkembangan yang semakin maju. Sementara itu, salah satu dampak negatif adalah bagi siswa, karena perubahan kurikulum yang cepat dapat menimbulkan masalah baru seperti penurunan prestasi siswa, karena siswa belum mampu mengikuti sistem pembelajaran yang baru.
Copyrights © 2023