Jurnal Buana
Vol 4 No 4 (2020)

ANALISIS KINERJA GURU GEOGRAFI SMA DI KABUPATEN SOLOK SELATAN

Dwi Mitra Dilla (Pendidikan Geografi)
Nofrion Nofrion (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jul 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja guru Geografi SMA di Kabupaten Solok Selatan ditinjau dari publikasi ilmiah, karya inovatif, dan pengembangan diri guru dalam 5 tahun terakhir. Penelitian berikut menggunakan jenis penelitian deskritif melalui pendekatan kuantitatif, sampel untuk penelitian ini terdiri dari 21 orang guru Geografi di Kabupaten Solok Selatan, pemilihan sampel menggunakan metode total sampling, yaitu dimana sampel penelitian menggunakan seluruh total populasi. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner atau angket yaitu berbentuk beberapa daftar pertanyaan yang diberikan untuk semua guru Geografi SMA di Kabupaten Solok Selatan. Berdasarkan hasil penelitian dengan ini disimpulkan 1) kinerja guru Geografi SMA di Kabupaten Solok Selatan di tinjau melalui publikasi ilmiah dalam 5 tahun terakhir dimana berdasarkan laporan hasil karya tulis dalam bidang pendidikan dan Tulisan ilmiah populer dalam bidang pendidikan formal dan pembelajaran dalam kategori kurang baik dengan persentase 0% dan publikasi buku teks pelajaran dan modul dalam kategori kurang baik dengan persentase 4,7%. 2) kinerja guru Geografi SMA di Kabupaten Solok Selatan di tinjau dari karya inovatif dalam 5 tahun terakhir berdasarkan Pengembangan Media Pembelajaran, Pengembangan Seni dalam Pembelajaran, dan Pengembangan Metode Pembelajaran dalam kategori kurang baik dengan persentase 9,5%. 3) kinerja guru Geografi SMA di Kabupaten Solok Selatan di tinjau dari pengembangan diri dalam 5 tahun terakhir dalam kategori kurang baik berdasarkan pengembangan pasca sertifikasi persentase sebesar 9,5%, pelatihan yang diikuti memiliki persentase sebesar 19%, berdasarkan kegiatan Narasumber/ Pembicara/ Instruktur memiliki persentase sebesar 4,7%, dan berdasarkan kegiatan Lokakarya memiliki persentase sebesar 19%.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

student

Publisher

Subject

Humanities Earth & Planetary Sciences Education Social Sciences

Description

The journal welcomes contributions in such areas of current analysis in: Geography Education Geography ...