Walada: Journal of Primary Education
Vol. 3 No. 1 (2024): Volume 3 Nomor 1, April 2024

IMPLEMENTASI PERMAINAN TRADISIONAL CONGKLAK UNTUK MENINGKATKAN PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA 4-5 TAHUN

Lili Ardianti (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Oct 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan perkembangan kognitif anak usia 4-5 tahun di RA Thariqul ‘Izzah Mataram menggunakan permainan tradisional Congklak. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Subjek sasaran penelitian ini adalah siswa kelompok A yang berjumlah 18 orang siswa, 12 siswa laki-laki dan 6 siswi perempuan. Pada penelitian ini ada dua siklus yang peneliti gunakan dan pada setiap siklus ada tiga kali pertemuan adapun yang dimulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan tahap refleksi. Adapun hasil yang diperoleh pada siklus I yakni aktivitas guru menunjukkan presentase sebesar 66,66% yang berarti aktivitas guru menunjukkan kriteria cukup baik. Pada siklus I aktivitas siswa menunjukkan presentase sebesar 61,25% dengan kriteria cukup baik, kemudian terjadi peningkatan pada siklus II sebesar 90% dengan kriteria sangat baik. Selanjutnya aktivitas guru mengalami peningkatan pada siklus II yakni sebesar 86,66%, ini berarti aktivitas guru menunjukkan kriteria terlaksana sangat baik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

wjpe

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Focus and Scope Walada: Journal of Primary Education with P-ISSN: 2962-2662 dan E-ISSN: 2963-0037 mainly focuses on learning in primary schools, teacher education or primary school. Detailed scopes of articles accepted for submission to Jurnal walada are: Learning Theory Curriculum and Technology in ...