Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji sejauh mana peningkatan hasil belajar siswa melalui penggunaan metode pembelajaran edutainment pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas V MIN 3 Kota Mataram. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan bentuk penelitian berupa penelitian secara langsung. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan metode pembelajaran edutainment dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Diperoleh peningkatan hasil belajar siswa pada Siklus I nilai rata-rata sebesar 69,48% dengan ketuntasan klasikal 68,96% dan mengalami peningkatan pada Siklus II dengan nilai rata-rata sebesar 80 dengan ketuntasan klasikal sebesar 96,55%. Jadi disimpulkan bahwa peningkatan hasil belajar siswa dari Siklus I dan Siklus II 25% meningkat, dan telah tecapai ketuntasan belajar lebih dari 85% pada akhir siklus.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024