Walada: Journal of Primary Education
Vol. 3 No. 1 (2024): Volume 3 Nomor 1, April 2024

PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN EDUTAINMENT DI MADRASAH IBTIDAIYAH

Rahmatullah Hidayati (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Oct 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji sejauh mana peningkatan hasil belajar siswa melalui penggunaan metode pembelajaran edutainment pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas V MIN 3 Kota Mataram. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan bentuk penelitian berupa penelitian secara langsung. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan metode pembelajaran edutainment dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Diperoleh peningkatan hasil belajar siswa pada Siklus I nilai rata-rata sebesar 69,48% dengan ketuntasan klasikal 68,96% dan mengalami peningkatan pada Siklus II dengan nilai rata-rata sebesar 80 dengan ketuntasan klasikal sebesar 96,55%. Jadi disimpulkan bahwa peningkatan hasil belajar siswa dari Siklus I dan Siklus II 25% meningkat, dan telah tecapai ketuntasan belajar lebih dari 85% pada akhir siklus.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

wjpe

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Focus and Scope Walada: Journal of Primary Education with P-ISSN: 2962-2662 dan E-ISSN: 2963-0037 mainly focuses on learning in primary schools, teacher education or primary school. Detailed scopes of articles accepted for submission to Jurnal walada are: Learning Theory Curriculum and Technology in ...