Walada: Journal of Primary Education
Vol. 1 No. 1 (2022): Volume 1 Nomor 1, Agustus 2022

STRATEGI GURU FIQIH DALAM MENINGKATKAN KESADARAN BERIBADAH SISWA

Fatmawati (Unknown)
Akmad Asyari (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Oct 2023

Abstract

Kesadaran beribadah merupakan sebuah kondisi dimana seseorang mampu mengendalikan akal, perasaan, dan perilaku untuk mewujudkan keadaan yang lebih baik untuk beribadah melalui proses introspeksi diri. Dari kesadaran beribadah tersebut akan muncul sikap keagamaan siswa yang mendorongnya untuk bertingkah laku sesuai dengan ketaatannya pada agamanya. Guru fiqih MTs Ulil Albab Sangga Lambu selain sebagai pengajar juga bertanggung jawab atas peningkatan kesadaran beribadah siswa agar visi sekolah untuk mencetak siswa yang berakhlakul karimah dapat tercapai. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yakni reduksi data, penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan (verifikasi). Pengecekan keabsahan data dengan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Tujuan dari penelitian ini ialah: 1) Untuk mengetahui kendala yang dihadapi guru fiqih dalam meningkatkan kesadaran beribadah siswa di MTs Ulil Albab Desa Sangga, Kecamatan Lambu, Kabupaten Bima. 2) Untuk mengetahui strategi guru fiqih dalam meningkatkan kesadaran beribadah siswa di MTs Ulil Albab Desa Sangga, Kecamatan Lambu, Kabupaten Bima. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: kendala guru fiqih dalam meningkatkan kesadaran beribadah siswa adalah kurangnya kesadaran dari diri siswa dalam melaksanakan shalat berjamaah, fasilitas shalat yang kurang memadai seperti mukenah/sajadah, tempat wudhu yang kurang mendukung dan musholahnya yang belum rampung untuk menampung seluruh peserta didik yang akan melaksanakan shalat berjamaah. Strategi guru Fiqih dalam meningkatkan kesadaran beribadah siswa yaitu dengan cara pembiasaan shalat dzuhur berjamaah di sekolah, memberikan nasehat kepada siswa yang tidak mengikuti perintah atau yang malas melaksanakan shalat, baik di dalam kelas maupun di luar kelas dan memberikan hukuman kepada siswa yang tidak mengikuti shalat dzuhur berjamaah berupa menghafalkan bacaan-bacaan shalat.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

wjpe

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Focus and Scope Walada: Journal of Primary Education with P-ISSN: 2962-2662 dan E-ISSN: 2963-0037 mainly focuses on learning in primary schools, teacher education or primary school. Detailed scopes of articles accepted for submission to Jurnal walada are: Learning Theory Curriculum and Technology in ...