Walada: Journal of Primary Education
Vol. 1 No. 1 (2022): Volume 1 Nomor 1, Agustus 2022

ANALISIS PEMAHAMAN KOGNITIF MATEMATIKA SISWA MI IHYAUDDINY LOMBOK BARAT

Djuita (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Oct 2023

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pemahaman kognitif matematika siswa di MI Ihyauddiny Lombok Barat. Untuk itu, perlu adanya upaya guru atau pihak sekolah agar meningkatkan kompetensi kognitif matematika siswa. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi tentang a) pemahaman kognitif matematika siswa, b) faktor-faktor kesulitan pemahaman kognitif matematika siswa dan c) upaya guru dalam mengatasi faktor kesulitan pemahaman kognitif matematika siswa. Untuk menunjukkan hasil belajar matematika siswa pada penelitian ini adalah dengan penyelesaian soal kognitif matematika berdasarkan revisi Taksonomi Bloom. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk memperoleh keabsahan data, diperlukan teknik pemeriksaan agar mendapatkan informasi dan temuan-temuan yang tepat antara lain dilakukan dengan perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, triangulasi data dan menggunakan bahan referensi. Dari hasil analisis data yang telah dilakukan dapat menunjukkan bahwa pemahaman kognitif matematika siswa MI Ihyauddiny Lombok Barat cukup baik dalam soal ranah kognitif C1 sampai C3. Namun soal ranah kognitif C4 sampai C6 pemahaman kognitif matematika siswa masih rendah. Hal ini karena guru lebih sering memberikan tes kognitif kemampuan rendah, sehingga siswa kesulitan ketika dihadapkan soal tes kognitif kemampuan tinggi.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

wjpe

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Focus and Scope Walada: Journal of Primary Education with P-ISSN: 2962-2662 dan E-ISSN: 2963-0037 mainly focuses on learning in primary schools, teacher education or primary school. Detailed scopes of articles accepted for submission to Jurnal walada are: Learning Theory Curriculum and Technology in ...