Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pemahaman kognitif matematika siswa di MI Ihyauddiny Lombok Barat. Untuk itu, perlu adanya upaya guru atau pihak sekolah agar meningkatkan kompetensi kognitif matematika siswa. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi tentang a) pemahaman kognitif matematika siswa, b) faktor-faktor kesulitan pemahaman kognitif matematika siswa dan c) upaya guru dalam mengatasi faktor kesulitan pemahaman kognitif matematika siswa. Untuk menunjukkan hasil belajar matematika siswa pada penelitian ini adalah dengan penyelesaian soal kognitif matematika berdasarkan revisi Taksonomi Bloom. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk memperoleh keabsahan data, diperlukan teknik pemeriksaan agar mendapatkan informasi dan temuan-temuan yang tepat antara lain dilakukan dengan perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, triangulasi data dan menggunakan bahan referensi. Dari hasil analisis data yang telah dilakukan dapat menunjukkan bahwa pemahaman kognitif matematika siswa MI Ihyauddiny Lombok Barat cukup baik dalam soal ranah kognitif C1 sampai C3. Namun soal ranah kognitif C4 sampai C6 pemahaman kognitif matematika siswa masih rendah. Hal ini karena guru lebih sering memberikan tes kognitif kemampuan rendah, sehingga siswa kesulitan ketika dihadapkan soal tes kognitif kemampuan tinggi.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022