Penelitian ini adalah tentang hubungan antara motivasi teman sebaya dengan kepercayaan diri siswa kelas V SD Negeri di Gugus 1 Kecamtan Kopang Tahun Pelajaran 2022/2023. Dalam proses pembelajaran, interaksi sosial dengan motivasi teman sebaya berperan dalam merubah, mempengaruhi atau meningkatkan perilaku siswa dalam mengikuti proses pembelajaran. Karena hubungan dengan motivasi teman sebaya memiliki peran penting untuk menumbuhkan rasa kepercayaan diri pada siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara motivasi teman sebaya dengan kepercayaan diri siswa kelas V SD Negeri di Gugus 1 Kecamtan Kopang Tahun Pelajaran 2022/2023. Untuk mencapai tujuan di atas, digunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Dengan pembagian sampel sebaynyak 70 siswa pada Gugus 1 Kecamatan Kopang Lombok Tengah. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket. Untuk mengetahui hubungan kedua variabel digunakan bantuan SPSS V.16,0 yang menunjukkan hasil person sebesar 0,516 > 0,01 yang artinya terdapat hubungan positif dan signifikan antara motivasi teman sebaya dengan kepercayaan diri siswa kelas V SD Negeri di Gugus 1 Kecamtan Kopang Tahun Pelajaran 2022/2023.
Copyrights © 2022