Walada: Journal of Primary Education
Vol. 1 No. 2 (2022): Volume 1 Nomor 3, Desember 2022

PENERAPAN MEDIA VISUAL GAMBAR DENGAN TEKNIK SISWA SEKOLAH DASAR

Lalu Muhamad Taufiq Hidayat (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Oct 2023

Abstract

Penelitian Ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa menggunakan media strip story pada mata pelajara Al- Qura’an Hadist kelas 4 MI Babul Khair Desa Semparu tahun pelajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan secara kolaboratif antara guru dan peneliti. Penelitian ini meliputi empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif untuk menentukan ketuntasan individu dan ketuntasan klasikal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 27 peserta didik pada siklus pertama pembelajaran menggunakan media strip story terdapat 15 peserta didik yang berhasil mencapai nilai lebih dari 70 dengan persentasi ketuntasan klasikal 55%, dan rata-rata hasil belajar 70,48%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa pada siklus I secara klasikal peserta didik belum tuntas sebab peserta didik yang memperoleh nilai lebih dari 70 belum memenuhi 80%. Sementara pada siklus II diperoleh data ketuntasan klasikal 85,18% atau 23 siswa memperoleh nilai di atas 70 dengan rata-rata hasil belajar 81,48%. Hasil pada siklus II tersebut menunjukkan secara klasikal peserta didik sudah tuntas, sebab peserta didik yang memperoleh nilai lebih dari 70 lebih besar dari nilai klasikal yang dihendaki yaitu 80%. Berdasarkan hasil penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa Penggunaan media strip story Terhadap Kemampuan Membaca Siswa Pada Mata Pelajaran Al- Qur’an Hadist Kelas 4 MI Babul Khair Desa Semparu Tahun Pelajaran 2022/2023

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

wjpe

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Focus and Scope Walada: Journal of Primary Education with P-ISSN: 2962-2662 dan E-ISSN: 2963-0037 mainly focuses on learning in primary schools, teacher education or primary school. Detailed scopes of articles accepted for submission to Jurnal walada are: Learning Theory Curriculum and Technology in ...