Walada: Journal of Primary Education
Vol. 1 No. 2 (2022): Volume 1 Nomor 3, Desember 2022

PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE DI SEKOLAH DASAR

Nurfa Juita (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Oct 2023

Abstract

Latar belakang penelitian ialah rendahnya kemampuan motivasi belajar siswa pada muatan IPS. Dari hasil observasi menunjukkan bahwa dalam proses pembelajaran siswa terlihat sibuk dengan dirinya sendiri, berbicara dengan temannya, tidak fokus memperhatikan penjelasan guru, dan pembelajaran yang terkesan membosankan. Hal ini dikarenakan pemilihan model pembelajaran yang kurang tepat sehingga menyebabkan dalam proses belajar mengajar kurang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa melalui model kooperatif think pair share pada muatan IPS di kelas IV MI Darul Qur’an Bengkel tahun ajaran 2022/2023. Jenis penelitian yang digunakan oleh penelitian tindakan kelas. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus, dan setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu, tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa melalui model kooperatif tipe think pair share dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil penelitian yang diperoleh peneliti pada siklus I hasil observasi aktivitas guru memperoleh nilai rata-rata 61,76% (baik) sedangkan hasil observasi aktivitas siswa memperoleh nilai rata-rata 46,66% (cukup), dan hasil angket memperoleh nilai rata-rata 57,50% (cukup). Pada siklus II hasil observasi aktivitas guru memperoleh nilai rata-rata 88,23% (sangat baik) sedangkan hasil observasi aktivitas siswa memperoleh nilai rata-rata 86,66% (sangat baik), hasil angket memperoleh nilai rata-rata 85% (sangat baik), dan dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model kooperatif tipe think pair share dapat meningkatkan kemampuan motivasi belajar IPS siswa kelas IV MI Darul Qur’an Bengkel

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

wjpe

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Focus and Scope Walada: Journal of Primary Education with P-ISSN: 2962-2662 dan E-ISSN: 2963-0037 mainly focuses on learning in primary schools, teacher education or primary school. Detailed scopes of articles accepted for submission to Jurnal walada are: Learning Theory Curriculum and Technology in ...