Latar belakang penelitian ialah rendahnya kemampuan motivasi belajar siswa pada muatan IPS. Dari hasil observasi menunjukkan bahwa dalam proses pembelajaran siswa terlihat sibuk dengan dirinya sendiri, berbicara dengan temannya, tidak fokus memperhatikan penjelasan guru, dan pembelajaran yang terkesan membosankan. Hal ini dikarenakan pemilihan model pembelajaran yang kurang tepat sehingga menyebabkan dalam proses belajar mengajar kurang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa melalui model kooperatif think pair share pada muatan IPS di kelas IV MI Darul Qur’an Bengkel tahun ajaran 2022/2023. Jenis penelitian yang digunakan oleh penelitian tindakan kelas. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus, dan setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu, tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa melalui model kooperatif tipe think pair share dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil penelitian yang diperoleh peneliti pada siklus I hasil observasi aktivitas guru memperoleh nilai rata-rata 61,76% (baik) sedangkan hasil observasi aktivitas siswa memperoleh nilai rata-rata 46,66% (cukup), dan hasil angket memperoleh nilai rata-rata 57,50% (cukup). Pada siklus II hasil observasi aktivitas guru memperoleh nilai rata-rata 88,23% (sangat baik) sedangkan hasil observasi aktivitas siswa memperoleh nilai rata-rata 86,66% (sangat baik), hasil angket memperoleh nilai rata-rata 85% (sangat baik), dan dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model kooperatif tipe think pair share dapat meningkatkan kemampuan motivasi belajar IPS siswa kelas IV MI Darul Qur’an Bengkel
Copyrights © 2022