Walada: Journal of Primary Education
Vol. 2 No. 3 (2023): Volume 2 Nomor 3, Desember 2023

STRATEGI GURU KELAS DALAM MEMBANGUN BUDAYA RELIGIUS DI SEKOLAH DASAR

Siti Humairoq (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Oct 2023

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perhatian peneliti terhadap factor-faktor penyebab rendahnya budaya religius di SDN 4 Batujai Kecamatan Praya Barat Kabupaten Lombok Tengah Tahun Ajaran 2022/2023. Ada beberapa siswa yang mengalami rendahnya pemahaman terhadap budaya religius dikarenakan ada factor-faktor yang mempengaruhi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi guru kelas dalam membangun budaya religius di SDN 4 Batujai dan Hambatan-hambatan guru kelas dalam membangun budaya religius di SDN 4 Batujai Tahun Ajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Tehnik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Tehnik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pengumpulan data, reduksi data (reduction), penyajian data (display), dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Strategi guru kelas dalam membangun budaya religius adalah: a) Memahami masing-masing karakter peserta didik, karena karakter berbedaa-beda. b) Mengelompokkan kemampuan-kemampuan peserta didik dalam memahami baca tulis Al-Qur’an dan membimbingnya dalam praktik membaca. c) Guru mempersiapkan sarana dan prasarana kegiatan belajar keagamaan di sekolah sesuai dengan kemampuan-kemampuan peserta didik. 2) Hambatan-hambatan guru kelas dalam membangun budaya religius adalah: a) Tidak fokus/bermain saat kegiatan keagamaan berlangsung. b) Sarana dan prasarana di sekolah kurang memadai. c) Banyak peserta didik yang belum bisa baca tulis serta melafalkan huruf-huruf Al-Qur’an. d) Minat dan daya tarik terhadap keagamaan minim.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

wjpe

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Focus and Scope Walada: Journal of Primary Education with P-ISSN: 2962-2662 dan E-ISSN: 2963-0037 mainly focuses on learning in primary schools, teacher education or primary school. Detailed scopes of articles accepted for submission to Jurnal walada are: Learning Theory Curriculum and Technology in ...