Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui hubungan kecakapan sosial (social skills) dengan prestasi belajar siswa kelas IV pada muatan pelajaran IPS di MIN 2 Kota Mataram. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa yang ada di kelas IV dengan jumlah siswa 187, sedangkan sampel pada penelitian ini berjumlah 127 orang siswa yang diambil dari kelas yang berbeda dengan teknik simple random sampling, penelitian dilakukan selama satu minggu. Data kecakapan sosial dikumpulkan dengan menggunakan angket sedangkan data mengetahui prestasi belajar siswa pada muatan pelajaran IPS menggunakan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji hipotesis dengan rumus korelasi pearson product moment yang sebelumnya telah dilakukan uji prasyarat normalitas. Hasil penelitian menunjukkan nilai uji-t sebesar 0,254 dan nilai signifikan uji hipotesis sebesar 0,004. Hal ini berdasarkan hasil perhitungan bahwa nilai rhitung (0,254) > rtabel (0,165) dan nilai signifikan uji hipotesis (0,004 < 0,05). Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kecakapan sosial dengan prestasi belajar siswa kelas IV pada muatan pelajaran IPS di MIN 2 Kota Mataram.
Copyrights © 2023