Salah satu penyebab kurang antusiasnya siswa dalam kegiatan pembelajaran yaitu kurang menariknya buku pelajaran yang tersedia. Adanya buku pendamping cenderung mirip dengan buku tematik siswa sehingga kurang adanya pengembangan. Buku pendamping tema 5 Ekosistem subtema 1 Komponen Ekosistem dibutuhkan siswa untuk meningkatkan motivasi dengan belajar sambil bermain dilingkungan sekitar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan, kepraktisan dan keefektifan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model Analysis-Design-Development-Implementation-Evaluation (ADDIE). Analisis yang digunakan buku pendamping yaitu kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian berdasarkan aspek kelayakan oleh ahli bahan ajar 92,9% dan ahli materi 93,03% dengan kriteria “layak”. Aspek kepraktisan angket respon guru 92,08% dan angket respon siswa 91,65% dengan kriteria “sangat baik”. Aspek keefektifan dengan rata-rata nilai yang diperoleh peserta sebesar 0,47 kriteria “sedang”. Berdasarkan hasil tersebut, buku pendamping tema 5 Ekosistem subtema 1 Komponen Ekosistem dapat digunakan dalam pembelajaran karena telah memenuhi kriteria layak, praktis dan efektif.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022