Kognisi : Jurnal Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar
Vol. 2 No. 1 (2022): Juni

Pengembangan Buku Pendamping Bidang Studi Ilmu Pengetahuan Alam Tema 5 Subtema 1 Kelas V Sekolah Dasar

Megawati, Magareta (Unknown)
Triwahyudianto, Triwahyudianto (Unknown)
Indawati, Ninik (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Jun 2022

Abstract

Salah satu penyebab kurang antusiasnya siswa dalam kegiatan pembelajaran yaitu kurang menariknya buku pelajaran yang tersedia. Adanya buku pendamping cenderung mirip dengan buku tematik siswa sehingga kurang adanya pengembangan. Buku pendamping tema 5 Ekosistem subtema 1 Komponen Ekosistem dibutuhkan siswa untuk meningkatkan motivasi dengan belajar sambil bermain dilingkungan sekitar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan, kepraktisan dan keefektifan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model Analysis-Design-Development-Implementation-Evaluation (ADDIE). Analisis yang digunakan buku pendamping yaitu kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian berdasarkan aspek kelayakan oleh ahli bahan ajar 92,9% dan ahli materi 93,03% dengan kriteria “layak”. Aspek kepraktisan angket respon guru 92,08% dan angket respon siswa 91,65% dengan kriteria “sangat baik”. Aspek keefektifan dengan rata-rata nilai yang diperoleh peserta sebesar 0,47 kriteria “sedang”. Berdasarkan hasil tersebut, buku pendamping tema 5 Ekosistem subtema 1 Komponen Ekosistem dapat digunakan dalam pembelajaran karena telah memenuhi kriteria layak, praktis dan efektif.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

kognisi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Kognisi : Jurnal Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar merupakan jurnal yang mengajak para peneliti untuk turut berpartisipasi mengurai beragam problem pada tingkat pendidikan sekolah dasar dengan hasil-hasil riset konstruktif dan aplikatif. Jurnal ini mengajak para ilmuwan, dosen, peneliti, guru, ...