cover
Contact Name
Ludovikus Bomans Wadu
Contact Email
actualinsight21@gmail.com
Phone
+6281233597270
Journal Mail Official
journalkognisi@gmail.com
Editorial Address
Jalan Abdurahman Saleeh Blok GJ2 Kedungkandang Kota Malang Jawa Timur, Malang, Provinsi Jawa Timur, 65148
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
Kognisi : Jurnal Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar
Published by Actual Insight
ISSN : 27765245     EISSN : 2775121X     DOI : https://doi.org/10.56393/kognisi.v1i1.62
Core Subject : Education,
Kognisi : Jurnal Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar merupakan jurnal yang mengajak para peneliti untuk turut berpartisipasi mengurai beragam problem pada tingkat pendidikan sekolah dasar dengan hasil-hasil riset konstruktif dan aplikatif. Jurnal ini mengajak para ilmuwan, dosen, peneliti, guru, mahasiswa, dan para praktisi pendidikan. Artikel yang diterbitkan mencakup isu dan tren terbaru tentang pendidikan tindakan kelas sekolah dasar, kurikulum pendidikan sekolah dasar, manajemen pendidikan sekolah dasar, teknologi pendidikan sekolah dasar, dan kajian kritis tentang kebijakan pendidikan sekolah dasar. Jurnal ini mendorong pendekatan multi disiplin dalam bidang pendidikan dan pengajaran, seperti mengintegrasikan kajian teori dan hasil penelitian lapangan dengan analisis data yang rigor.
Articles 42 Documents
Pengembangan Media CD Pembelajaran Interaktif Materi Perkembangbiakkan Tumbuhan Umbi pada Siswa Kelas III SD Oktaviani, Risma; Atmojo, Setyo Eko
Kognisi : Jurnal Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar Vol. 1 No. 1 (2021): Juni
Publisher : Actual Insight

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56393/kognisi.v1i1.62

Abstract

Tujuan penelitian yaitu agar menjelaskan pengembangan CD pembelajaran interaktif dan kelayakkan media CD. Metode penelitian pengembangan yang digunakan terdiri dari: (1) mengidentifikasi potensi dan masalah, (2) pengumpulan data; (3) desain produk; (4) validasi desain; (5) revisi desain, (6) uji coba produk; (7) revisi produk; (8) hasil produk final. Pengembangan media CD pembelajaran interaktif diuji cobakan kepada siswa kelas III SD Muhammadiyah Ambarbinangun. Jenis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Data dianalisis dengan menggunakan analisis data deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Pre test dan post test digunakan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan CD pembelajaran. Berdasarkan hasil uji coba diperoleh penilaian ahli untuk aspek media yaitu termasuk kategori baik dan aspek materi termasuk kategori sangat baik. Adapun penilaian respon siswa setelah menggunakan media CD pembelajaran interaktif dari berbagai aspek termasuk dalam kategori sangat baik. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa media CD pembelajaran interaktif yang dikembangkan sudah layak digunakan dalam proses pembelajaran.
Pengembangan Modul Matematika Bangun Datar Berbasis Contextual Teaching and Learning untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Prayogo, Gilang Restu
Kognisi : Jurnal Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar Vol. 1 No. 1 (2021): Juni
Publisher : Actual Insight

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56393/kognisi.v1i1.64

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan modul matematika bangun datar berbasis CTL untuk prestasi belajar siswa kelas IV SDN Jigudan dengan model pengembangan. Hasil penelitian ini meliputi: (1) penelitian pengembangan ini menghasilkan modul matematika bangun datar berbasis CTL dengan model pengembangan ADDIE; (2) modul matematika bangun datar berbasis CTL layak digunakan dengan kriteria berdasarkan ahli materi, ahli media angket respon siswa, angket respon guru, observasi keterlaksanaan pembelajaran dan tes prestasi belajar. Hasil observasi keterlaksanaan pembelajaran menujukan kriteria sangat baik dengan presentase rata-rata keterlaksanaan pembelajaran mencapai 85%. Modul matematika bangun datar berbasis CTL yang dikembangkan dinyatakan efektif berdasarkan presentase ketuntasan prestasi belajar siswa sebesar 80,95% dengan kriteria sangat baik. (3) Modul matematika bangun datar berbasis CTL terbukti sangat mampu meningkatkan prestasi belajar siswa, dibuktikan dengan hasil kelompok before dan after memiliki nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 nilai sig < 0,05. Maka, hasil tes tersebut memiliki perbedaan signifikan dan nilai rata-rata postest yaitu 87,6 lebih baik daripada rata-rata nilai pretest yaitu 60,00.
Pengaruh Percaya Diri dan Kemampuan Interaksi Sosial Terhadap Prestasi Belajar Siswa di SD Negeri Nugrahaeni, Setya Dewi; Purwanti, Rosalia Susila
Kognisi : Jurnal Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar Vol. 1 No. 1 (2021): Juni
Publisher : Actual Insight

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56393/kognisi.v1i1.66

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh percaya diri dan kemampuan interaksi sosial terhadap prestasi belajar siswa di SD Negeri Mejing 1 Ambarketawang Gamping Sleman. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan alat pengumpulan data berupa skala percaya diri, skala kemampuan interaksi sosial, dan dokumentasi nilai. Hasil penelitian menunjukkan nilai signifikasi percaya diri 0,00 (p < 0,05) dan nilai signifikasi kemampuan interaksi sosial 0,00 (p < 0,05) serta persamaan regresi Ŷ= 2,990 + 0,540X1 + 0,549X2 yang berarti ketika percaya diri (X1) dan kemampuan interaksi sosial (X2) rendah, maka rata-rata prestasi belajar (Y) tetap sebesar 2,990. Jika percaya diri (X1) naik sebesar satu satuan, akan berdampak meningkatkan prestasi belajar (Y) sebesar 0,540 kali. Jika kemampuan interaksi sosial (X2) naik sebesar satu satuan, akan berdampak meningkatkan prestasi belajar (Y) sebesar 0,549 kali. Kesimpulan penelitian ini adalah percaya diri dan kemampuan interaksi sosial dapat memengaruhi prestasi belajar siswa secara positif dan signifikan dengan presentase 57,8%.
Efektivitas Model Pembelajaran Children Learning In Science Terhadap Prestasi Belajar IPA Siswa Kelas V Kurniawati, Resta Wahyu; Atmojo, Setyo Eko
Kognisi : Jurnal Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar Vol. 1 No. 1 (2021): Juni
Publisher : Actual Insight

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56393/kognisi.v1i1.67

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran CLIS dan model pembelajaran konvensional dengan mengkaji perbedaan prestasi belajar IPA siswa kelas V sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan quasi experimental. Teknik pengumpulan data menggunakan tes sedangkan instrumen yang digunakan berupa soal tes. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode statistik parametrik yaitu uji t (t-test) dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukan: (1) terdapat perbedaan prestasi belajar IPA antara siswa yang mengikuti model pembelajaran CLIS dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional. Hal ini diketahui dari uji t prestasi belajar siswa dengan nilai sig 0,049 atau sig < 0,05. (2) Model pembelajaran CLIS lebih efektif dari pada model pembelajaran konvensional terhadap prestasi belajar IPA. Hal ini diketahui dari hasil nilai post test dengan jumlah rata-rata 84,83 dari kelompok eksperimen yang menggunakan model pembelajaran CLIS dan jumlah rata-rata 80,53 dari kelompok kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional.
Pengembangan Permainan Multiply Cards Sebagai Media Pembelajaran Perkalian Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Khairunnisa, Khairunnisa; Komalasari, Mahilda Dea
Kognisi : Jurnal Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar Vol. 1 No. 1 (2021): Juni
Publisher : Actual Insight

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56393/kognisi.v1i1.68

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan produk media pembelajaran multiply cards yang layak digunakan untuk materi kelipatan suatu bilangan. Tujuan kedua, untuk mengetahui tingkat keterampilan berhitung perkalian pada siswa dengan menggunakan media pembelajaran permainan multiply cards. Instrumen pengumpulan data menggunakan pedoman observasi angket wawancara respon guru, angket validasi ahli materi dan media, angket respon siswa, soal pretest dan posttest. Hasil penelitian menyatakan bahwa yang diperoleh dari ahli materi adalah 95% berkategori sangat baik, hasil oleh ahli media adalah 98%, berkategori sangat baik. Hasil dari respon siswa diperoleh 88% dengan kategori sangat baik, hasil respon guru diperoleh 93% berkategori sangat baik. Hasil uji efektivitas pengembangan media multiply cards dilihat dari berdasarkan nilai rata-rata pretest dan posttest. Nilai rata-rata pretest yaitu 64,66 sedangkan nilai rata-rata posttest yaitu 78,66. Maka adanya kenaikan dari nilai rata-rata posttest menunjukkan bahwa nilai rata-rata posttest lebih tinggi, dapat disimpulkan pengembangan media multiply cards efektif digunakan untuk meningkatkan keterampilan berhitung perkalian siswa kelas IV SD.
Pengembangan Buku Pendamping Bidang Studi Ilmu Pengetahuan Alam Tema 5 Subtema 1 Kelas V Sekolah Dasar Megawati, Magareta; Triwahyudianto, Triwahyudianto; Indawati, Ninik
Kognisi : Jurnal Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar Vol. 2 No. 1 (2022): Juni
Publisher : Actual Insight

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56393/kognisi.v2i1.322

Abstract

Salah satu penyebab kurang antusiasnya siswa dalam kegiatan pembelajaran yaitu kurang menariknya buku pelajaran yang tersedia. Adanya buku pendamping cenderung mirip dengan buku tematik siswa sehingga kurang adanya pengembangan. Buku pendamping tema 5 Ekosistem subtema 1 Komponen Ekosistem dibutuhkan siswa untuk meningkatkan motivasi dengan belajar sambil bermain dilingkungan sekitar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan, kepraktisan dan keefektifan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model Analysis-Design-Development-Implementation-Evaluation (ADDIE). Analisis yang digunakan buku pendamping yaitu kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian berdasarkan aspek kelayakan oleh ahli bahan ajar 92,9% dan ahli materi 93,03% dengan kriteria “layak”. Aspek kepraktisan angket respon guru 92,08% dan angket respon siswa 91,65% dengan kriteria “sangat baik”. Aspek keefektifan dengan rata-rata nilai yang diperoleh peserta sebesar 0,47 kriteria “sedang”. Berdasarkan hasil tersebut, buku pendamping tema 5 Ekosistem subtema 1 Komponen Ekosistem dapat digunakan dalam pembelajaran karena telah memenuhi kriteria layak, praktis dan efektif.
Implementasi Nilai Karakter Kreatif Dalam Pembelajaran Dalam Jaringan Di Sekolah Dasar Maulidiana, Yulma Eka
Kognisi : Jurnal Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar Vol. 1 No. 2 (2021): Desember
Publisher : Actual Insight

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56393/kognisi.v1i2.323

Abstract

Menurunnya nilai karakter kreatif siswa, diperlukan pengembangan untuk meningkatkan kreativitas siswa untuk bekal di masa depannya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui proses implementasi yang dilakukan sekolah pada siswa saat pembelajaran daring dan kendala yang dihadapi guru dalam pengimplementasian nilai karakter kreatif saat pembelajaran daring. Pendekatan dan jenis penelitian ini adalah kualitatif studi kasus serta pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Dasar Negeri Wonomulyo 1 dengan jumlah narasumber 6 , meliputi 1 kepala sekolah, 2 wali kelas, dan 3 guru mata pelajaran. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan implementasi nilai karakter kreatif dilakukan dengan metode penugasan meliputi pemberian tugas keterampilan dan pengaplikasian antara 2 mata pelajaran serta metode kunjungan meliputi pemberian motivasi, belajar bersama, dan pemantauan kreatif sikap. Oleh sebab itu, guru sangat berperan untuk mengembangkan nilai karakter kreatif dalam pembelajaran luring dan daring.
Pengembangan Modul Ilmu Pengetahuan Sosial Berbasis Elektronik Materi Indahnya Keragaman Budaya Negeriku Kelas IV Sekolah Dasar Safrina, Ayu Milla; Sakdiyah, Siti Halimatus; Indawati, Ninik
Kognisi : Jurnal Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar Vol. 1 No. 2 (2021): Desember
Publisher : Actual Insight

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56393/kognisi.v1i2.332

Abstract

Proses pembelajaran masih menggunakan bahan ajar yang seadanya yaitu Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dan Buku Tema saja tanpa adanya pengembangan. Sehingga mengakibatkan siswa kurang antusias untuk belajar. Hal yang dibutuhkan dengan bahan ajar elektronik yang menarik, mudah digunakan juga inovatif untuk meningkatkan mutu pendidikan dalam masa pandemi COVID-19. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kelayakan, kemenarikan dan keefektifan e-modul. Penelitian ini juga termasuk dalam jenis penelitian pengembangan. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan ADDIE. Model ini terdiri dari lima tahapan yaitu: tahap analisis (Analysis), desain (Design), Pengembangan (Development), implementasi Implementation), dan evaluasi (Evaluation). Subjek pada penelitian ini yaitu siswa kelas IV SDN Kambingan Tumpang. Instrumen yang digunakan yaitu berupa validasi oleh ahli materi, ahli bahasa, ahli media serta guru dan siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Kambingan Tumpang. Modul elektronik (e-modul) yang dihasilkan pada uji kelayakan mendapatkan hasil sangat layak, untuk uji kepraktisan mendapatkan hasil sangat praktis, yang terakhir uji keefektifan mendapat hasil sangat efektif.
Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis E-Learning Menggunakan Lifter Learning Management System Abshari, Rossy Dahlia Ratu; Sesanti, Nyamik Rahayu; Rahayu, Sri
Kognisi : Jurnal Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar Vol. 1 No. 2 (2021): Desember
Publisher : Actual Insight

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56393/kognisi.v1i2.347

Abstract

Kurangnya pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi pada media pembelajaran yang digunakan setiap kegiatan belajar mengajar. Tujuan dari penelitian ini untuk mengembangkan media pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi. Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE yang berisikan 5 tahap yaitu: analysis, design, development, implement dan evaluate. Subjek uji coba terdapat 22 peserta didik kelas VI SDN Blimbing 2 Malang Kabupaten Blitar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran ini telah melalui tahapan-tahapan sistematis penelitian pengembangan. Berdasarkan hasil validasi pada ahli materi memperoleh nilai rata-rata 90% dengan kategori layak dan praktis digunakan, pada validator ahli media memperoleh nilai rata rata 93,5% dengan kategori layak dan praktis digunakan. Pada validator ahli pengguna sebagai tenaga pendidik 89,5% dengan kategori layak dan praktis digunakan, dan pada hasil akhir peserta didik memperoleh rata-rata nilai 85%. Dengan demikian, media pembelajaran e-learning menggunakan lifter learning management system layak dan praktis digunakan sebagai media pembelajaran pada pembelajaran modus, median, dan mean kelas VI SD.
Penerapan Nilai Karakter Sikap Kepemimpinan Melalui Kegiatan Ekstrakulikuler Pramuka di Sekolah Dasar Negeri Lestari, Tri Wahyu
Kognisi : Jurnal Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar Vol. 2 No. 1 (2022): Juni
Publisher : Actual Insight

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56393/kognisi.v2i1.348

Abstract

Penanaman karakter kepemimpinan berusaha membentuk kepribadian seseorang, agar memiliki jiwa kepemimpinan. Dengan penanaman karakter kepemimpinan, diharapkan seseorang memiliki sifat adil dan tegas dalam mengambil keputusan. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi. Penelitian ini digunakan di SDN Tumpang 01. Sampel penelitian yaitu peserta didik laki-laki sebanyak dua orang dan peserta didik perempuan berjumlah tiga orang dan pembina pramuka tiga orang. Metode penelitian yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitan penerapan nilai karakter kepemimpinan yang dilakukan oleh pembina pramuka yaitu memberikan motivasi dan rangsangan terhadap peserta didik untuk mempunyai jiwa kepemimpinan dan tanggung jawab yang tinggi dan dapat mengembangkan pengetahuan dengan pembelajaran yang bervariasi seperti permainan baris berbaris, berlatih upacara dan lainnya sehingga peserta didik memiliki tingkat pemahaman yang cukup baik. Rekomendasi penelitian terarah pada peranan pramuka dalam menanamkan nilai karakter siswa melalui kegiatan-kegiatan yang bermakna, menarik dan menantang agar siswa terlatih dan terbiasa berperilaku baik di sekolah.