Sistem-Among : Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar
Vol. 1 No. 2 (2021): Oktober

Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual Dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS

Hukunala, Aryon (Unknown)
Lesnussa, Ariantjie (Unknown)
Ritiauw, Samuel Patra (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Oct 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penggunaan model pembelajaran Kontekstual Dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada mata Pelajaran IPS di Kelas IV SD Negeri Liang Kecamatan Leksula Kabupaten Buru Selatan. Adapun penelitian tindakan kelas ini dipilih model spiral dari Kemmis dan Taggart yang terdiri dari empat tahapan yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif. Analisis ini dihitung dengan menggunakan statistic sederhana. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada kemajuan, berdasarkan hasil observasi pada siklus II pelaksanaan pembelajaran telah dilakukan dengan memperhatikan kekurangan-kekurangan pada siklus I. Kekurangan – kekurangan yang ada pada siklus I dapat diperbaiki pada siklus II yaitu guru lebih efektif membimbing siswa. Hasil belajar yang dicapai oleh para siswa dan model pembelajaran kontekstual dapat diterapkan dalam pembelajaran IPS karena langkah-langkah model ini mampu dilaksanakan guru dengan efektif sehingga proses pembelajaran menjadi lebih kondusif dan siswa semakin aktif dan kreatif.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

sistem-among

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Sistem-Among: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar adalah Jurnal yang mempublikasikan hasil penelitian tentang pendidikan dasar dengan berbagai topik kajian seperti sains, sosial, matematika, kewarganegaraan, bahasa, seni, budaya, agama, keolahragaan, teknologi, lingkungan, belajar dan pembelajaran, ...