Kognisi : Jurnal Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar
Vol. 2 No. 2 (2022): Desember

Pengembangan Video Ice Breaking Berbasis 3N (Niteni, Nirokke, dan Nambahi) Pada Pembelajaran Tematik

Ridwan, Moch (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses tahapan kelayakan, dan kepraktisan pengembangan video ice breaking berbasis 3n (niteni, nirokke dan nambahi) pada pembelajaran tematik di Mi Muta’alimin, Sawahan, Turen Malang. Jenis penelitian yang digunakan merupakan pengembangan dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Develop, Implement, and Evaluate). Peneliti menggunakan data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian yang diperoleh dari uji kelayakan rata-rata presentase sebesar 94% dari dosen ahli media. Uji kepraktisan diperoleh 96% dari guru. Berdasarkan hasil perolehan data tersebut video ice breaking berbasis 3N dinyatakan layak digunakan untuk tingkat Sekolah Dasar atau Madrasah Ibtidaiyah. Rekomendasi penelitian yakni peneliti berharap pada kepala sekolah supaya menjadikan penelitian ini sebagai acuan untuk meningkatkan konsentrasi dan sumber daya manusia guru untuk melakukan kegiatan pembelajaran yang menyenangkan dan tidak membosankan. Guru dapat melakukan pembelajaran dengan baik dan menggunakan media yang inovatif dan kreatif. Peneliti lain dapat menggunakan sebagai referensi penelitian dan mengembangkan penelitian ini agar lebih baik.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

kognisi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Kognisi : Jurnal Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar merupakan jurnal yang mengajak para peneliti untuk turut berpartisipasi mengurai beragam problem pada tingkat pendidikan sekolah dasar dengan hasil-hasil riset konstruktif dan aplikatif. Jurnal ini mengajak para ilmuwan, dosen, peneliti, guru, ...