Kognisi : Jurnal Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar
Vol. 2 No. 1 (2022): Juni

Uji Efektivitas Penggunaan Media Audio Visual Dalam Pembelajaran Daring Menggunakan Platform Google Classroom

Nettana, Amro Bernard (Unknown)
Rumahlatu, Dominggus (Unknown)
Talakua, Melvie (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Jun 2022

Abstract

Penelitian ini mengkaji masalah dalam proses pembelajaran daring di SD Negeri 2 Latihan SPG Ambon, khususnya mata pelajaran IPA materi perubahan wujud benda. Peserta didik kurang memahami materi pelajaran karena keterbatasan media dan tidak bisanya proses praktikum dilakukan saat pembelajaran daring. Tes awal dan tes akhir nilai yang diperoleh peserta didik ada beberapa yang masih di bawah standar nilai. Penelitian ini mendeskripsikan efektivitas penggunaan media audio visual dalam pembelajaran daring menggunakan platform google classroom materi perubahan wujud benda. Penggunaan media pembelajaran audio visual pada digunakan sebagai mediasi bagi pendidik terhadap peserta didik untuk membagikan pengetahuan sikap maupun ide yang lebih inovatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah diberikan tes awal skor pencapaian peserta didik dengan jumlah 24 orang berada pada kualifikasi baik dengan pencapaian rata-rata nilai tes awal yaitu 73,75. Setelah mengikuti pembelajaran secara daring melalui penggunaan media audio visual dan diberikan tes akhir, skor pencapaian rata-rata peserta didik yaitu 91,25 dan berada pada kualifikasi sangat baik.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

kognisi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Kognisi : Jurnal Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar merupakan jurnal yang mengajak para peneliti untuk turut berpartisipasi mengurai beragam problem pada tingkat pendidikan sekolah dasar dengan hasil-hasil riset konstruktif dan aplikatif. Jurnal ini mengajak para ilmuwan, dosen, peneliti, guru, ...