Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan hal peningkatan hasil belajar siswa dengan model pembelajaran berbasis masalah. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan tipe Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Ada empat tahap kegiatan yang harus dilaksanakan dalam PTK. Tahapan tersebut, yaitu: penyusunan rencana tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi pelaksanaan tindakan, dan refleksi. Prosedur penulisan yang dilakukan ini diawali dengan memberikan apersepsi awal kepada siswa mengenai materi yang akan disampaikan. Setelah itu siswa dibagi ke dalam beberapa kelompok diskusi. Data yang dikumpulkan akan diolah dengan menggunakan analisis data kualitatif. Berdasarkan hasil dan pembahasan dalam penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran PBL dapat meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas V SD Negeri 9 Ambon. Hal ini nampak dari hasil tes setiap siklus, yaitu pada siklus I siswa memperoleh Kriteria ketuntasan Minimal (KKM) ≥70 sebanyak 16 siswa dengan persentase 46.66% sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 81.33% dengan jumlah siswa yang memperoleh nilai ≥70 sebanyak 26 siswa.
Copyrights © 2022