Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik sekolah dasar negeri 34 Air Pacah Kota Padang. Terdapat 25 dari 61 peserta didik atau 40,98% peserta didik yang bernilai tuntas dan peserta didik yang bernilai belum tuntas yaitu sebanyak 36 dari 61 peserta didik atau 59,02%, di SDN 34 Air Pacah Padang. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menerapkan strategi Peer lesson. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan strategi Peer lesson berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik kelas V SDN 34 Air Pacah. Hal ini dapat dilihat dari perbandingan nilai rata-rata pre-test dan post-test kelas eksperimen dan kelas kontrol. Rata-rata pre-test yang diperoleh kelas eksperimen yaitu 67 sedangkan rata-rata pre-test yang diperoleh kelas kontrol yaitu 61,65. Setelah dilakukan tindakan pada kedua kelas, maka diperoleh rata-rata post-test kelas eksperimen yaitu 75,5 sedangkan rata-rata post-test kelas kontrol yaitu 70,5. Dari perhitungan t-test dengan taraf signifikansi 0,05 diperoleh thitung (2,661) > ttabel (2.0226) dan nilai sig (0,001) < 0,005. Nilai t hitung > t tabel atau sig < 0,05 menunjukkan hasil belajar kedua kelas berbeda secara signifikan. Sehingga hal ini membuktikan bahwa penggunaan strategi Peer lesson berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik kelas V SDN 34 Air Pacah.
Copyrights © 2023