Penanaman nilai karakter peduli lingkungan sangat penting bagi peserta didik salah satunya melalui peran guru. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan 1) peran guru dalam menanamkan nilai karakter peduli lingkungan pada pembelajaran PPKn, 2) faktor pendukung dan faktor penghambat, serta 3) solusi untuk mengatasi hambatan dalam menanamkan nilai karakter peduli lingkungan pada pembelajaran PPKn. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan dilaksnakan pada semester genap tahun ajaran 2022/2023 di kelas V Sekolah Dasar Negeri 01 Nanga Tepuai. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi tahap pengumpulan data, reduksi, dan penarikan kesimpulan, sedangkan uji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru menanamkan nilai karakter peduli lingkungan dengan mengintegrasikannya ke dalam pembelajaran PPKn melalui kebiasaan dan contoh. Faktor pendukung meliputi petugas kebersihan dan fasilitas kebersihan sekolah, sedangkan faktor penghambat meliputi rendahnya kedisiplinan dan tanggung jawab peserta didik serta partisipasi yang kurang. Solusi untuk mengatasi hambatan tersebut meliputi memberikan arahan dan pemahaman pentingnya kebersihan kelas, serta menjalin kerja sama yang baik dengan orang tua untuk memberikan pembinaan dan meningkatkan kedisiplinan peserta didik.
Copyrights © 2023