Pendidikan arahan memandang proses pembangunan pribadi yang meliputi seperti membentuk jasmani, hati, dan akal pikiran. Salah satu kegiatan untuk menunjang segala aktivitas pendidikan melalui peran dari guru.Tujuan penelitian untuk mengetahui peran guru pendidikan kewarganegaraan dalam membentuk karakter literasi melalui budaya membaca siswa. Sistem yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Untuk proses penelitian dengan cara pengumpulan data yaitu dengan menggunakan teknik penelitian seperti: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil Penelitian menunjukan bahwa adanya karakter literasi yang dilakukan oleh guru untuk peserta didik.Karakter literasi tersebut dapat di kembangkan melalui,peran guru sebagai seorang pengajar,disiplin yang diterapkan oleh guru melalui tugas membaca 15 menit awal pelajaran, kebiasaan yang dimana dilakukan dengan secara terus menerus pada saat jam pelajaran, pembelajaran menerapkan kegiatan membaca serta resum kepada peserta didik, dan tanggung jawab yakni pada saat guru mengajar. Dengan demikian dapat membantu guru untuk meningkatkan karakter literasi bagi peserta didik.
Copyrights © 2021