Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) terhadap hasil belajar PPKn siswa kelas 5 SDN Segugus Sarita Bima. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 5 SDN Segugus Sarita Bima yang berjumlah 38 orang siswa yang terbagi atas 21 orang siswa kelas kontrol (SDN sarita), dan 17 orang siswa kelas eksperimen (SDN Wadukopa). Teknik analisis data menggunakan uji-t atau Independent Sample t- test. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa, pada kelas kontrol diperoleh rata-rata pretest hasil belajar sebesar 51,67 dan kelas kontrol memperoleh hasil belajar sebesar 50,29. Rata-rata nilai post test kelas kontrol adalah sebesar 66,90 dan kelas eksperimen adalah sebesar 84,12. Berdasarkan analisis data yang di gunakan dapat disimpulkan, dalam penggunaan model pembelajaran NHT dalam kegiatan pembelajaran berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar PPKn siswa dibandingkan dengan penggunaan model pembelajaran terpadu. Hal ini sesuai dengan perhitungan program IBM SPSS 20.0 for windows yang menggunakan analisis uji-t (Independent Samples t-test), maka dapat diketahui hasil yang diperhitungkan menunjukan nilai t-hitung -5,401 > t-tabel 2,042, dan nilai Sig. (2-tailed) =0,000. Yang artinya Sig. (2-tailed) < 0,05, maka H0 ditolah dan Ha diterima.
Copyrights © 2023