Mindset : Jurnal Pemikiran Pendidikan dan Pembelajaran
Vol. 2 No. 2 (2022): Juli

Program Sekolah Santun: Aktualisasi Nilai-Nilai Pancasila Melalui Pembiasaan Jaga Lisan

Haerani, Dian (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Jul 2022

Abstract

Generasi milenial adalah generasi yang dihadapkan pada tantangan informasi yang masif. Hilir mudiknya informasi yang sangat deras mengakibatkan semakin banyaknya dampak negatif yang dirasakan, seperti ujaran kebencian, perundungan, berita bohong dan lain sebagainya. Maka adanya tantangan tersebut memerlukan perhatian lebih pada pendidikan karakter. Artikel ini berpandangan bahwa Penguatan Pendidikan Karakter yang berkaitan dengan nilai-nilai Pancasila tidak cukup diberikan dalam bentuk materi pembelajaran. Selain itu, institusi pendidikan seperti sekolah bertanggung jawab penuh dalam memastikan terinternalisasikannya nilai-nilai Pancasila di kalangan sekolah. Alternatif solusinya adalah aktualisasi nilai-nilai Pancasila melalui program Sekolah Santun yang diterapkan di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Patokbeusi dengan strategi pembiasaan jaga lisan. Studi ini mengadopsi pendekatan kualitatif-studi kasus, dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Temuan hasil penelitian menunjukkan bahwa Program Sekolah Santun yang diimplementasikan di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri Negeri 1 Patokbeusi melalui pembiasaan jaga lisan mampu membentuk habituasi yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. Pembiasaan jaga lisan ini dilakukan dengan dua pendekatan yaitu intervensi dan habituasi.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

mindset

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Mindset: Jurnal Pemikiran Pendidikan dan Pembelajaran merupakan jurnal penelitian dalam bidang pendidikan dan pengajaran yang bertujuan untuk mempromosikan beragam hasil penelitian baik studi literatur, maupun studi empiris yang dilakukan para peneliti, tenaga profesional, aparatur sipil negara, ...