Pedagogi : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
Vol. 1 No. 1 (2021): Januari

Efektivitas Model Think Pairs Share Terhadap Minat dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika di Sekolah Dasar

Nurzubaydah, Nurzubaydah (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2021

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model think pair share terhadap minat dan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas IV SD Negeri 2 Badau, Belitung. Penelitian ini adalah penelitian quasi Eksperimental dengan jenis desain penelitian non equivalen control group desain. Penelitian ini menggunakan uji-t (t-test) dengan taraf signifikansi 0,05. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: (1) hasil analisis data dengan uji t terhadap minat dalam pembelajaran matematika diperoleh nilai t = 12,506 dengan nilai signifikansi (2-tailed ) adalah 0,000 yang lebih kecil dari 0,05 maka dapat diambil keputusan Ho ditolak dan Ha diterima artinya model Think Pair Share efektif dalam meningkatkan minat siswa dalam pembelajaran matematika; (2) berdasarkan analisis data dengan uji t terhadap kemampuan siswa dalam memecahakan masalah matematika diperoleh hasil bahwa nilai t = 8,832 dengan nilai signifikansi (2-tailed) adalah 0,000 lebih kecil dari 0,05 maka dapat diambil keputusan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima artinya model think pair share efektif dalam pemecahan masalah pembelajaran matematika khususnya materi pemecahan.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

pedagogi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Pedagogi: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran merupakan jurnal penelitian yang bertujuan menyediakan diskursus dan praktis ilmiah dalam bidang pendidikan dan pembelajaran. Selain itu, jurnal ini mempromosikan hasil-hasil penelitian dalam bentuk kajian literatur dan hasil penelitian lapangan (empiris) ...