Pedagogi : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
Vol. 3 No. 2 (2023): Juli

Kajian Stilistika: Analisis Gaya Bahasa Puisi ‘Aku Ingin’ Karya Sapardi Djoko Damono Dalam Pembelajaran Sastra

Yuniarti, Lisa (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Jul 2023

Abstract

Puisi "Aku Ingin" karya Sapardi Djoko Damono adalah sebuah karya sastra yang menggambarkan perasaan cinta dengan sederhana namun mendalam. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis gaya bahasa dalam puisi dan implikasinya dalam pembelajaran sastra di lingkungan pendidikan. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis strukturalis dan analisis tematik untuk mengidentifikasi unsur-unsur gaya bahasa serta tema utama yang terkandung dalam puisi. Hasil analisis menunjukkan bahwa gaya bahasa dalam puisi meliputi penggunaan bahasa kiasan seperti metafora, simile, dan personifikasi yang menciptakan keindahan estetika dan mendalamkan makna puisi. Implikasi dalam pembelajaran sastra menunjukkan bahwa analisis gaya bahasa dapat menjadi sarana efektif untuk meningkatkan pemahaman dan apresiasi terhadap puisi. Guru dapat menggunakan analisis ini sebagai pendekatan dalam mengajar puisi, memberikan pandangan lebih mendalam tentang nilai estetika, makna, dan emosi yang terkandung dalam puisi kepada siswa. Pembelajaran puisi melalui analisis gaya bahasa juga dapat merangsang kreativitas siswa dalam mengekspresikan perasaan dan ide-ide mereka melalui bahasa sastra. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif bagi pembelajaran sastra di lingkungan pendidikan, meningkatkan apresiasi terhadap puisi, dan membuka wawasan siswa terhadap keindahan bahasa dan ekspresi emosi dalam karya sastra.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

pedagogi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Pedagogi: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran merupakan jurnal penelitian yang bertujuan menyediakan diskursus dan praktis ilmiah dalam bidang pendidikan dan pembelajaran. Selain itu, jurnal ini mempromosikan hasil-hasil penelitian dalam bentuk kajian literatur dan hasil penelitian lapangan (empiris) ...