Ki Hajar Dewantara merupakan salah satu tokoh pendidikan Indonesia yang mempunyai kontribusi besar terhadap perkembangan pendidikan di Indonesia. Filosofi pendidikannya menekankan pentingnya pendidikan karakter dan penerapan nilai-nilai kepahlawanan dalam pendidikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi nilai-nilai kepahlawanan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia berdasarkan filosofi Ki Hajar Dewantara. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menggunakan observasi dan wawancara sebagai metode pengumpulan data. Partisipan penelitian ini adalah guru Bahasa Indonesia yang telah menerapkan filosofi Ki Hajar Dewantara dalam pengajarannya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan nilai-nilai kepahlawanan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia berdasarkan filosofi Ki Hajar Dewantara dapat meningkatkan pendidikan karakter siswa. Para guru yang menerapkan filosofi Ki Hajar Dewantara dalam pengajarannya melihat adanya perubahan positif pada perilaku siswanya, seperti menjadi lebih hormat, bertanggung jawab, dan peduli terhadap orang lain. Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan agar guru Bahasa Indonesia menerapkan filosofi Ki Hajar Dewantara dalam pengajarannya untuk memasukkan nilai-nilai kepahlawanan seperti patriotisme, kejujuran, dan tanggung jawab ke dalam pembelajarannya.
Copyrights © 2021