Industri pariwisata berkembang dan melakukan diversifikasi lebih cepat daripada industri manufaktur. Pariwisata cerdas, atau pariwisata cerdas," adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan tren pariwisata saat ini di mana layanan canggih dan mutakhir disediakan untuk wisatawan melalui teknologi informasi dan komunikasi (TIK). Platform Smart Tourism saat ini lebih banyak digunakan di kawasan wisata kota-kota yang telah memiliki landasan infrastruktur yang lengkap, sistem transportasi yang baik, tersedianya infrastruktur IT dan komunikasi yang memadai, serta sistem pelayanan yang komprehensif. Provinsi Sumatera Selatan memiliki banyak potensi dan sangat menarik wisata alam untuk pariwisata.Digitalisasi merupakan kegiatan pemasaran dengan promosi melalui media sosial yang memanfaatkan berbagai sarana misalnya jejaring sosial. Tujuan dari kegiatan ini yaitu untuk memperkenalkan atau menyebarluaskan informasi tentang berbagai potensi-potensi objek wisata di Provinsi Sumatera Selatan. Inovasi dan Penggunaan media sosial sebagai alat promosi wisata belum optimal dilakukan sehingga pendampingan dalam menggunakan stretegi digitalisasi harus dilakukan untuk memberikan informasi wisata yang cepat dan akurat agar membawa dampak perubahan pada optimalisasi objek wisata di Sumatera Selatan. Kegiatan pengabdian masyarakat dengan memberikan pemahaman dan pelatihan diharapkan dapat mengubah masyarakat terutama pelaku usaha agar lebih berinovasi dalam menjalankan usahanya melalui digitalisasi.
Copyrights © 2022