Tarsius: Jurnal Pengabdian Tarbiyah, Religius, Inovatif, Edukatif dan Humanis
Vol 2 No 2 (2020): 2020 Volume 2 Nomor 2

Model Pembelajaran Kooperatif Berbantuan Media Alat Peraga Kelereng Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Materi Operasi Hitung Pada Peserta Didik Kelas IV

Zainal, Nur Fitriani (Unknown)
Mutmainah, Mutmainah (Unknown)
Reksamunandar, Rhyan Prayuddy (Unknown)
Satriani, Satriani (Unknown)
Mokoagow, Deby Amalia (Unknown)
Binol, Astria (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Dec 2020

Abstract

Kesulitan peserta didik di kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Tanamon dalam hal menjumlah, mengali dan membagi bilangan mengindikasikan kurangnya kemampuan peserta didik dalam berhitung. Dengan demikian, untuk mengurangi kesulitan, maka dilakukan pendampingan pembelajaran Matematika melalui penerapan Model Pembelajaran Kooperatif berbantuan Media Pembelajaran Alat Peraga Kelereng. Pelaksanaan pendampingan dilakukan di beberapa rumah peserta didik untuk menghindari penularan Covid-19. Simpulan dari hasil pendampingan pembelajaran Matematika, yaitu terjadi peningkatan hasil belajar Matematika peserta didik khususnya pada materi operasi hitung. Peningkatan hasil belajar matematika dapat dilihat dari nilai rerata tes evaluasi Matematika peserta didik, yaitu 96,50 dimana sebanyak 95,83% peserta didik mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Oleh karena itu, dalam proses pembelajaran Matematika guru diharapkan menerapkan model pembelajaran yang variatif dan menggunakan alat peraga yang sesuai dengan pokok bahasan materi ajar Matematika.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

tarsius

Publisher

Subject

Religion Education Other

Description

Tarsius Jurnal Pengabdian Tarbiyah, Religius, Inovatif, Edukatif & Humanis merupakan jurnal pengabdian yang membahas soal pendidikan secara, pendidikan islam, dan ...