JTTT
Vol 1 No 2 (2023): Volume 1 - Nomor 2 - Oktober 2023

Usulan Perbaikan Kualitas Pelayanan Cafe Dengan Integrasi Kansei Engineering Dan Model Kano ( Study Kasus : Senyawa Cafe )

Stevanny, Berdyanti (Unknown)
Baroto, Teguh (Unknown)
Nugraha, Adhi (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Oct 2023

Abstract

Eksistensi cafe dunia bisnis saat ini sangat tinggi, khususnya pada generasi muda yang mendominasi menjadi konsumen cafe. Namun tidak hanya kalangan generasi muda, eksistensi cafe juga dapat mendominasi segala umur. Dalam peningkatan pelayanan untuk loyalitas konsumen, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui solusi dalam meningkatkan kualitas terhadap pelayanan yang diberikan oleh Senyawa cafe. Untuk meningkatkan kualitas pelayanan dengan mendiskripsikan keinginan konsumen maka digunakan metode Kansei Engineering dan Model kano. Kedua metode tersebut mampu mengidentifikasikan keinginan serta harapan konsumen secara penuh yang kemudian dapat dijadikan respon dalam memperbaiki kualitas pelayanan Senyawa cafe. Pengelompokkan atribut pada model kano untuk 14 atribut pelayanan didapatkan atribut pada kategori must-be be. Atribut yang termasuk kategori one-dimensional memiliki 15 atribut. Atribut yang termasuk kategori attractive memiliki 1 atribut layana. Pada metode kansei engineering untuk menilai produk atau jasa melalui perasaan dan emosi yang terdiri dari 9 atribut kansei word diantaranya lengkap, nyaman, strategis, professional, raman, murah, bersih, estetik dan menarik

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jttt

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Energy Engineering Transportation

Description

jurnal yang menampilkan hasil-hasil riset dan kajian bidang rekayasa dan teknologi terapan, khususnya berbasis infrasturktur, konstruksi, industri, geologi, geofisika, pertambangan, perminyakan, gas bumi, energi terbarukan, dan keilmuan lain yang ...