Penelitian dengan judul Penggunaan Whatsapp Pada Pembelajaran Seni Budaya (Musik) Di SMA Negeri 5 Padang membahas tentang bagaimana proses pembelajaran daring khususnya pada mata pelajaran seni budaya. Dalam penelitian ini digunakan metode deskriptif kualitatif. Instrument penelitian dalam skripsi ini adalah peneliti sendiri dengan dibantu oleh instrument pendukung lainnya seperti alat tulis dan handphone. Dalam teknik pengumpulan data penulis melakukan studi pustaka, observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini ialah, pelaksanaan pembelajaran daring di SMAN 5 Padang dilaksanakan dengan sistem shift/bergantian. Pembelajaran daring seni budaya (musik) dilaksanakan dengan menggunakan aplikasi whatsapp karena aplikasi ini lebih mudah diakses dan paling umum digunakan oleh guru dan siswa. Dalam pelaksanaan pembelajaran daring seni budaya (musik) terdapat beberapa kendala yang dihadapi oleh siswa dan guru. Adapun kendala yang dihadapi oleh guru seperti sulitnya menyampaikan materi yang seharusnya juga diiringi dengan praktik. Sedangkan kendala utama yang dihadapi oleh siswa yaitu penyampaian materi yang tidak merata. Guru hanya menyampaikan materi secara langsung kepada siswa yang belajar luring (tatap muka), sedangkan siswa yang belajar daring hanya diberikan video pembelajaran dan tugas melalui Whatsapp.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023