Consilium
Vol 2, No 2 (2022): Consilium

Hubungan Penugasan oleh Guru dengan Prokrastinasi Akademik Siswa

Bakhtra, Rizka Salsabila (Unknown)
Daharnis, Daharnis (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2022

Abstract

Penelitian ini mendeskripsikan hubungan penugasan oleh guru dengan prokrastinasi akademik siswa. Tujuan penelitian adalah untuk: (1) mendeskripsikan penugasan oleh guru, (2) mendeskripsikan prokrastinasi akademik siswa, (3) mendeskripsikan hubungan penugasan oleh guru dengan prokrastinasi akademik siswa. Jenis penelitian ini deskriptif-korelasional dan populasi penelitian adalah siswa kelas X (Fase E), XI, (Fase F), dan XII SMAN 10 Padang Tahun Pelajaran 2023/2024 sebanyak 1106 siswa. Jumlah sampel penelitian sebanyak 378 siswa diambil melalui teknik Stratified Random Sampling. Instrumen yang digunakan adalah angket dengan skala model Likert.  Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif-korelasional dengan bantuan SPPS 20. Hasil penelitian mengungkapkan: (1) penugasan oleh guru berada pada kategori baik (2) prokrastinasi akademik siswa berada pada kategori sedang, dan (3) terdapat hubungan negatif dan signifikan antara penugasan oleh guru dengan prokrastinasi akademik siswa. Implikasi dari hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai masukan untuk membuat program layanan bimbingan dan konseling terutama pada bidang belajar.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

cons

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

Consilium aims to publish articles dedicated to all aspects of the latest outstanding developments in the field of counseling, applied counseling practice, and features articles that advance the empirical, theoretical, and methodological understanding of counseling and ...