Jurnal Pendidikan Fisika
Vol 8, No 1 (2021): Jurnal Pendidikan Fisika

Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Online-Project Based Learning untuk Meningkatkan HOTS Fisika Peserta Didik SMA

Rini Widianingrum (Universitas Negeri Yogyakarta)
Sukardiyono Sukardiyono (Universitas Negeri Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2021

Abstract

Abstrak- Penelitian ini bertujuan untuk 1) memperoleh produk perangkat pembelajaran model Online Project Based Learning (Online-PjBL) yang layak untuk meningkatkan HOTS fisika peserta didik SMA,2) mengetahui besar peningkatan hasil belajar kognitif ditinjau dari respon HOTS peserta didik melalui pembelajaran model Online- PjBL di kelas. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan modifikasi model 4D. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan berupa silabus, RPP, Handout, dan LKPD. Validitas instrumen digunakan CVR dan CVI. Teknik analisis hasil penelitian digunakan standar gain. Hasil penelitian ini adalah 1) telah dihasilkan perangkat pembelajaran materi gerak melingkar model Online Project Based Learning (Online- PjBL) yang layak untuk meningkatkan hasil belajar ranah kognitif peserta didik SMA dengan kategori sangat baik. 2) perangkat pembelajaran Online-PjBL mampu meningkatkan hasil belajar kognitif ditinjau dari respon HOTS peserta didik dengan gain sebesar 0,69 dengan kategori sedang.Kata-Kata Kunci: perangkat pembelajaran, Online Project Based Learning (Online-PjBL), respon HOTS

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

pfisika

Publisher

Subject

Education Physics

Description

Jurnal Pendidikan Fisika merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Fisika, Departemen Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal ini menerbitkan karya ilmiah atau artikel dari hasil penelitian bidang pendidikan fisika. ...