Jurnal Pendidikan Fisika
Vol 10, No 1 (2023): Jurnal Pendidikan Fisika

PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA LUMI EDUCATION UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KOMUNIKASI

Putri Dea Depany (Universitas Negeri Yogyakarta)
Sukardiyono Sukardiyono (Universitas Negeri Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahwa dengan penerapan media pembelajaran fisika berbasis aplikasi Lumi Education dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan komunikasi dibandingkan dengan menggunakan media pembelajaran berbasis PPT pada peserta didik SMA. Penelitian ini merupakan penelitian quasi ekperimen dengan rancangan pretest dan posttest only one grup. Penelitian ini dilakukan di SMA Angkasa Adisutjipto Yogyakarta pada materi Hukum Gravitasi Newton dan Hukum Kepler. Teknik sampling yang digunakan adalah Random Sampling. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas X MIPA SMA Angkasa Adisutjipto Yogyakarta tahun pelajaran 2022/2023. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji Independent Sampel T-Test untuk menguji hipotesis penelitian. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran fisika berbasis aplikasi Lumi Education memberikan pengaruh dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan komunikasi dengan masing-masing peningakatan sebesar 0,59 dan 0,46 dalam kategori sedang. Kata Kunci: Lumi Education; Kemampuan Berpikir Kritis; Kemampuan Komunikasi.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

pfisika

Publisher

Subject

Education Physics

Description

Jurnal Pendidikan Fisika merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Fisika, Departemen Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal ini menerbitkan karya ilmiah atau artikel dari hasil penelitian bidang pendidikan fisika. ...