Jurnal Pendidikan Fisika
Vol 8, No 1 (2021): Jurnal Pendidikan Fisika

Pengembangan Instrumen Penilaian Proyek Mind Mapping untuk Mengukur Penguasaan Konsep Fisika dan Keterampilan Berpikir Kreatif

Adhistinka Jiananda (Universitas Negeri Yogyakarta)
Mundilarto Mundilarto (Universitas Negeri Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2021

Abstract

Abstrak- Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh produk instrumen penilaian berbasis proyek mind mapping yang layak untuk mengukur penguasaan konsep fisika dan keterampilan berpikir kreatif peserta didik. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan modifikasi model Wilson dan Oriondo dan Antonio. Validitas instrumen dilakukan dengan expert judgement oleh ahli pendidikan fisika dan praktisi. Instrumen penilaian diujikan kepada 11 peserta didik untuk uji terbatas dan 32 peserta didik untuk uji luas. Teknik analisis data digunakan metode deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah telah dihasilkan instrumen penilaian berbasis proyek mind mapping yang memenuhi syarat untuk mengukur penguasaan konsep fisika dan keterampilan berpikir kreatif peserta didik dengan rata-rata hasil validasi dari ahli dan praktisi sebesar 60,5.Kata-Kata Kunci: pengembangan, instrumen penilaian proyek mind mapping, penguasaan konsep fisika, keterampilan berpikir kreatif.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

pfisika

Publisher

Subject

Education Physics

Description

Jurnal Pendidikan Fisika merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Fisika, Departemen Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal ini menerbitkan karya ilmiah atau artikel dari hasil penelitian bidang pendidikan fisika. ...