Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada materi Ilmu Pengetahuan Alam kelas V Sekolah Dasar Negeri Sindangsari. Model yang digunakan berupa model pembelajaran konvensional jadi hanya beberapa yang dapat memahami mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Jadi, alternatif untuk menarik minat belajar peserta didik dalam proses pembelajaran, peserta didik dapat terlibat aktif sehingga berpengaruh pada hasil belajar. Model Pembelajaran Berbasis Project dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap hasil belajar siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Sindangsari. Penelitian ini menggunakan metode pre- eksperimental dengan One Group Pretest-Posttest Design. Subjek penelitan ini adalah 20 siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Sindangsari. Berdasarkan hasil penelitian hasil pengujian hipotesis yang mana mendapatkan nilai t hitung (50,721) > t-tabel (2,101) artinya terdapat pengaruh atau hipotesis di terima. Dengan demikian, terdapat pengaruh model Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap hasil belajar siswa. Hasil uji N-Gain didapatkan nilai 75,0 (kriteria sedang) artinya terjadi peningkatan hasil belajar siswa.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023