Lucerna : Jurnal Riset Pendidikan dan Pembelajaran
Vol. 1 No. 1 (2021): Mei

Keterlibatan Orang Tua Peserta Didik Pada Proses Pembelajaran di Taman Kanak-Kanak Muslimat Al

Depe, Rovina (Unknown)
Akbar, Mochammad Ramli (Unknown)
Asmah, Ayu (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 May 2021

Abstract

Penelitan ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan tentang keterlibatan orang pada proses pembelajaran di TK Muslimat Al Mubarrok. Jenis penelitian ini adalah penelitian studi deskriptif, subjek penelitian terdiri dari yakni 1 kepala sekolah, 2 guru dan 4 orangtua. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Pada saat pelaksanaan berlangsung peneliti dibantu dengan pedoman wawancara, pedoman observasi, dan pedoman dokumentasi. Dalam hal ini dapat disimpulkan bahwa bentuk keterlibatan yang ditemukan dalam kegiatan sekolah yaitu parenting, komunikasi, kolaborasi dengan kelompok masyarakat dan paguyuban. Faktor pendukung keterlibatan orangtua peserta didik yaitu kesadaran dan kepedulian orangtua terhadap pendidikan dan perkembangan anak dan keberhasilan sekolah dalam menciptakan lingkungan yang nyaman. Sedangkan faktor penghambat yaitu kesibukan orangtua. Upaya yang dilakukan sekolah untuk melibatkan orangtua yaitu melakukan komunikasi proaktif melalui berbagai macam media komunikasi, mencarikan waktu yang tepat, dan menciptakan lingkungan yang ramah dan nyaman.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

lucerna

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Lucerna: Jurnal Riset Pendidikan dan Pembelajaran didirikan untuk memberi cahaya penerang bagi kemajuan ilmu, terutama di bidang pendidikan dan pengajaran. Naskah-naskah yang layak diterima dan bisa diproses secara blind review lebih pada penelitian lapangan dan bisa juga dalam library research. ...