Wistara: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra
Vol 2 No 1 (2021): Vol. 2 No. 1, Mei 2021

Penggunaan Model Project Based Learning dalam Menulis Puisi Berorientasi Kearifan Lokal dan Dampaknya Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Padalarang

-, Sunarti (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 May 2021

Abstract

Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui bagaimana kemampuan peserta didik dalam menulis puisi bertema keindahan alam yang berorientasi kearifan lokal Situ Ciburuy dengan menggunakan model Project Based Learning (PBL) dan dampaknya terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik SMAN 2 Padalarang dengan sampel kelas X MIPA 4 (kelas eksperimen) dan kelas X MIPA 5 (kelas control). Metode penelitian yang digunakan metode campuran (mix method). Instrumen yang digunakan berupa lembar soal menulis puisi, lembar observasi, dan angket. Data penelitian dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan menulis puisi yang menggunakan model PBL dengan kelas yang menggunakan metode karya wisata. Hasil penelitian juga menunjukkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik yang menggunakan model PBL lebih berkualitas, sehingga model PBL dapat dijadikan alternatif model dalam pembelajaran menulis puisi.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

wistara

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Wistara: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, berisi artikel dan/atau laporan hasil penelitian, kajian (teori maupun aplikasi), dan bahasan kepustakaan berkaitan dengan bidang bahasa, sastra, serta ...