Model project based learning memberikan kesempatan kepada siswa untuk menentukan sendiri proyek yang akan dikerjakannya baik dalam hal merumuskan dan memilih topik yang akan dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang profil pembelajaran mentransformasikan cerita pendek ke dalam bentuk film di kelas XI SMAN 1 Cipatat baik secara proses pembelajaran maupun kemampuan mentransformasi cerita pendek ke dalam film. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode quasi eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitiann ini adalah seluruh siswa kelas XI SMAN 1 Cipatat dan sampel yang digunakan adalah 2 kelas Siswa SMAN 1 Cipatat yang masing-masing terdiri dari 32 siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah t-test. Hasil menunjukkan bahwa Kemampuan siswa mentransformasi cerita pendek ke dalam film yang menggunakan pembelajaran konvensional dikategorikan cukup baik. Karakter siswa yang menggunakan model project based learning lebih baik dari siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional. Hubungan kemampuan siswa mentransformasi cerita pendek ke dalam film dengan pembentukan karakter siswa pada kelas eksperimen. Berdasarka hasil pengujian hipotesis, model project based learning berpengaruh signifikan terhadap kemampuan mentransformasi cerpen ke dalam film
Copyrights © 2020