Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak usia dini melalui penerapan metode eksperimen dalam pembelajaran sains di RA Miftahul Ulum Mancagahar Pameungpeuk. Hasil studi awal menunjukkan bahwa kemampuan kognitif anak kelompok B di lembaga ini masih kurang. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif, berfokus pada studi kasus. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, dengan subjek penelitian adalah 13 anak kelompok B. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode eksperimen dalam pembelajaran sains berhasil meningkatkan kemampuan kognitif anak. Dalam proses pembelajaran, anak-anak melakukan pengamatan, percobaan, prediksi, pengelompokan, penemuan bukti, dan akhirnya memperoleh pengetahuan. Metode eksperimen ini juga melibatkan penggunaan media pembelajaran yang kreatif dan alamiah. Dengan demikian, pembelajaran sains melalui metode eksperimen memiliki dampak positif pada perkembangan kognitif anak usia dini, meningkatkan daya tangkap, daya pikir, dan daya ingat mereka. Manfaat penelitian ini mencakup pengembangan kemampuan berpikir kritis anak, acuan bagi guru dalam penggunaan metode variasi dalam pembelajaran, serta kontribusi terhadap perkembangan kognitif anak di sekolah. Kesimpulannya, pembelajaran sains melalui metode eksperimen efektif dalam meningkatkan kemampuan kognitif anak usia dini dan memberikan pengalaman positif dalam proses belajar.
Copyrights © 2023