Pendidikan nasional adalah bagian penting dari pembangunan suatu negara, dan nilai-nilai keagamaan seringkali memegang peran yang signifikan dalam masyarakat. Dalam konteks negara-negara dengan mayoritas muslim, seperti Indonesia, penting untuk memahami bagaimana tujuan pendidikan nasional berhubungan dengan prinsip-prinsip dan nilai-nilai Islam. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis relevansi pendidikan nasional dan pendidikan Islam, pendekatan yang digunakan dalam pengintegrasiannya dan kendala dalam pelaksanaanya. Penelitian ini menggunakan metode kajian kepustakaan. Data dikumpulkan melalui buku, artikel, laporan pemerintah, kebijakan pendidikan, dan karya-karya ilmiah lainnya yang relevan dengan relevansi pendidikan nasional dan pendidikan Islam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1. Terdapat kompleksitas hubungan antara tujuan pendidikan nasional dan pandangan Islam tentang pendidikan 2. Ada empat pendekatan dalam pelaksanaan integrasi yakni; pendekatan kurikulum terpadu, pendekatan pembelajaran yang holistik, pendekatan dialog antar agama dan pendekatan keterlibatan masyarakat 3. Terdapat kendala dalam pelaksanaanya yakni; perbedaan interpretasi agama, persaingan dengan kurikulum sekuler, isu-isu politik dan kekurangan sumber daya manusia. Penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam mengidentifikasi tren, tantangan, dan peluang dalam mengintegrasikan prinsip-prinsip Islam dalam pendidikan nasional, serta bagaimana pendidikan dapat berperan dalam membentuk masyarakat yang lebih baik sesuai dengan prinsip-prinsip Islam.
Copyrights © 2023