Waspada : Jurnal Wawasan Pengembangan Pendidikan
Vol 9, No 02 (2021): WASPADA

Upaya Peningkatan Disiplin Siswa melalui Layanan Informasi dengan Teknik Modeling

Zamroni, Achmad (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) mendeskripsikan layanan informasi dengan teknik modeling bagi siswa kelas VII-C SMP Negeri 5 Ungaran; (2) meningkatkan disiplin siswa melalui layanan informasi dengan teknik modeling di kelas VII-C SMP Negeri 5 Ungaran; (3) mendeskripsikan peningkatan disiplin siswa melalui layanan informasi dengan teknik modeling. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan di SMP Negeri 5 Ungaran pada bulan Januari-Februari 2016. Subjek penelitian: siswa kelas VII-C yang berjumlah 32 siswa. Hasil penelitian: (1) layanan informasi dengan teknik modeling berpengaruh signifikan terhadap disiplin siswa-siswi Kelas VII-C SMP Negeri 5 Ungaran; (2) aktivitas siswa dalam layanan informasi pada kondisi awal adalah 62,7%. Setelah layanan siklus I meningkat menjadi 78,0%, peningkatan aktivitas siswa sebesar 15,3%. Layanan siklus II meningkat menjadi 87,2% terjadi peningkatan aktivitas siswa sebesar 9,2%; (3) berdasarkan penilaian hasil: pada layanan prasiklus diperoleh skor rata-rata 66,84 dengan ketuntasan layanan 31,25% sedangkan pada siklus I diperoleh skor rata-rata 74,56 dengan ketuntasan layanan 65,63%. Terjadi peningkatan rata-rata skor sebesar 7,72 dan peningkatan ketuntasan layanan sebesar 34,38%, sedangkan pada siklus II diperoleh skor rata-rata 83,78 dengan ketuntasan layanan 84,38%. Terjadi peningkatan rata-rata skor sebesar 9,22 dan peningkatan ketuntasan layanan sebesar 18,75%. Ketuntasan layanan klasikal sebesar 83,78% telah mencapai  80%.Kata Kunci: kedisiplinan, layanan informasi, teknik modeling learning.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

waspada

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

WASPADA - Jurnal Wawasan Perkembangan Pendidikan diterbitkan oleh Fakultas Pengembangan Pendidikan Guru. Redaksi mengharapkan para peneliti, penulis dan pakar bidang Pendidikan dapat turut menyumbang naskah kemajuan dunia pendidikan dan jurnal ...