Lunggi Journal
Vol. 1 No. 1 (2023): Lunggi Journal: Literasi Unggulan Ilmiah Multidisipliner

UPAYA GURU MENGATASI KETERLAMBATAN MEMBACA PADA PESERTA DIDIK DI KELAS III MI RAUDHATUL ULUM PARIT SETIA TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Dina Kurnia (Institut Agama Islam Sultan Muhammad Syafiuddin Sambas)
Adnan Adnan (Institut Agama Islam Sultan Muhammad Syafiuddin Sambas)
Yayan Ridwan (Institut Agama Islam Sultan Muhammad Syafiuddin Sambas)



Article Info

Publish Date
21 Jan 2023

Abstract

Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui upaya Guru dalam mengatasi keterlambatan membaca di Kelas III Madrasah Ibtidaiyah Raudhatul Ulum Parit Setia, yaitu : (a) Upaya guru mengatasi keterlambatan membaca pada peserta didik dengan cara memnberikan dukungan khusus dari ekternal yaitu adanya dorongan dan pengawasan dari orangtua. (b) Cara guru mengatasi keterlambatan membaca pada peserta didik dengan melakukan bimbingan khusus pada peserta didik yang mengalami kesulitan membaca dengan cara bimbingan khusus dari guru seperti les, buku khusus pada peserts didik untuk ditekankan membaca kata demi kata. (c) Faktor faktor pendukung dalam meningkatkan kelancaran membaca pada peserta didik yaitu faktor eksternal yaitu paling penting adanya dukungan pembelajaran dari orangtua dalam meningkatkan motivasi anak untuk belajar membaca.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

lunggi

Publisher

Subject

Humanities Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences Other

Description

The scope of the articles published covers multidisciplinary knowledge groups, including educational knowledge groups such as Islamic Religious Education, Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, Early Childhood Islamic Education, Tadris or Indonesian Language Education, Sharia Economic Law, ...