Lunggi Journal
Vol. 1 No. 2 (2023): Lunggi Journal: Literasi Unggulan Ilmiah Multidisipliner

STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MELALUI REWARD VERBAL PADA ANAK USIA DINI KELOMPOK B DI TK SATU ATAP SDN 15 SEMPALAI TAHUN 2022/2023

ELSA MURNIARTI (INSTITUT AGAMA ISLAM SULTAN MUHAMMAD SYAFIUDDIN SAMBAS)
TOPIK TOPIK (INSTITUT AGAMA ISLAM SULTAN MUHAMMAD SYAFIUDDIN SAMBAS)
SERA YULIANTINI (INSTITUT AGAMA ISLAM SULTAN MUHAMMAD SYAFIUDDIN SAMBAS)



Article Info

Publish Date
13 Jul 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: Pertama, mengetahui perencanaan guru dalam meningkatkan minat belajar melalui reward verbal pada anak usia dini Kelompok B di TK Satu Atap SDN 15 Sempalai tahun pelajaran 2022-2023. Kedua, mengetahui pelaksanaan guru dalam meningkatkan minat belajar melalui reward verbal pada anak usia dini Kelompok B di TK Satu Atap SDN 15 Sempalai tahun pelajaran 2022-2023. Ketiga, mengetahui kelebihan dan kekurangan reward verbal dalam meningkatkan minat belajar anak usia dini Kelompok B di TK Satu Atap SDN 15 Sempalai tahun pelajaran 2022- 2023. Penelitian ini menggunakan pendekatakan fenomenologi sedangkan jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini ada tiga jenis yakni: Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Sedangkan tehnik analisis data yang digunakan reduksi data, penyajian data, verifikasi dan penarikan kesimpulan. Kemudian teknik pemeriksaan keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi dan member check. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1. Perencanaan guru dalam meningkatkan minat belajar melalui reward verbal pada anak usia dini Kelompok B di TK Satu Atap SDN 15 Sempalai yaitu: 1) Membuat RPP terlebih dahulu. 2) Menyiapkan reward verbal. 3) Melakukan koordinasi dengan guru lainnya. 4) Tidak memberitahukan kepada murid terlebih dahulu. 6) Mengetahui syarat dalam penerapan reward. 2. Pelaksanaan guru dalam meningkatkan minat belajar melalui reward verbal pada anak usia dini Kelompok B di TK Satu Atap SDN 15 Sempalai yakni: 1) Menjelaskan materi. 2) Meminta peserta didik untuk memperhatikan. 3) Memberikan reward verbal di tengah pembelajaran. 4) Memberikan memberikan reward verbal kepada peserta didik yang mengerjkan tugas dengan benar. 5) Menyimpulkan materi. 3. Kelebihan dan kekurangan reward verbal dalam meningkatkan minat belajar anak usia dini Kelompok B di TK Satu Atap SDN 15 Sempalai adalah: 1) Meningkatkan semangat AUD. 2) Meningkatkan motivasi AUD. 3) Mendorong AUD untuk lebih memahami materi. 4) Meningkatkan kedekatan antara guru dan AUD. 5) Guru dan AUD merasa proses pembelajaran lebih menyenangkan. 6) Memicu seluruh AUD untuk berkompetensi termasuk AUD yang malas atau kurang aktif. Sementara itu, kekurangannya adalah: 1) Menjadi beban bagi AUD yang kurang aktf. 2) Menjadikan fokus lebih terpaku kepada AUD yang aktif, terutama dalam menjawab pertanyaan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

lunggi

Publisher

Subject

Humanities Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences Other

Description

The scope of the articles published covers multidisciplinary knowledge groups, including educational knowledge groups such as Islamic Religious Education, Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, Early Childhood Islamic Education, Tadris or Indonesian Language Education, Sharia Economic Law, ...