Penelitian ini membahas tentang implementasi model active learning tipe card sort pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam untuk meningkatkan hasil belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi dengan tujuan untuk mendeskripsikan dan menggambarkan kenyataan yang ada serta melakukan pendekatan terhadap sumber informasi, sehingga diharapkan data yang diperoleh akan lebih maksimal dan sesuai dengan fenomena yang dialami oleh informan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini yaitu: 1) Perencanaan model active learning tipe card sort pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MA M. Basiuni Imran Sambas yakni dengan cara sebagai berikut: a) Menyiapkan Silabus b) Menyiapkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran c) Menyiapkan media pembelajaran. 2) Pelaksanaan model active learning tipe card pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MA M. Basiuni Imran Sambas mulai dari kegiatan awal, inti hingga penutup dengan langkah-langkah card sort. 3) Evaluasi model active learning tipe card sort pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MA M. Basiuni Imran Sambas diantaranya adalah: a) Menentukan jenis evaluasi belajar b) Menentukan aspek-aspek penilaian c) Menentukan instrumen penilaian
Copyrights © 2023