Lunggi Journal
Vol. 1 No. 4 (2023): Lunggi Journal: Literasi Unggulan Ilmiah Multidisipliner

PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBINA KARAKTER RELIGIUS SISWA KELAS VIII C DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1 SEMPARUK TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Sahesti Kurnia Sari, Sindi (Unknown)
Suhari, Suhari (Unknown)
Parni, Parni (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Oct 2023

Abstract

Penelitian ini membahas tentang peran guru Pendidikan Agama Islam dalam membina karakter religius siswa kelas VIII C di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Semparuk. Penelitian ini memiliki dua tujuan penelitian diantaranya sebagai berikut; Pertama, mengetahui apa saja peran guru Pendidikan Agama Islam dalam membina karakter religius siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Semparuk Tahun Pelajaran 2022/2023. Kedua, mengetahui faktor pendukung dan penghambat guru Pendidikan Agama Islam dalam membina karakter religius siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Semparuk Tahun Pelajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan pendekatakan fenomenologi sedangkan jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini ada tiga jenis yakni: Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Sedangkan tehnik analisis data yang digunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, verifikasi dan penarikan kesimpulan. Kemudian teknik pemeriksaan keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi dan member check. Berdasarkan analisis data yang dilakukan maka hasil penelitian ini yaitu: Pertama, peran guru PAI dalam membina karakter religius siswa kelas VIII C di SMPN 1 Semparuk meliputi: a) Sebagai pengajar, b) Sebagai pendidik, c) Sebagai teladan, d) Sebagai pembimbing, e) Sebagai pendorong kesadaran keimanan, f) Sebagai motivator, g) Sebagai sumber belajar, h) Sebagai fasilitator, i) Sebagai pemimpin, j) Sebagai pengelola kelas. Kedua, faktor pendukung dan penghambat guru pendidikan agama Islam dalam membina karakter religius siswa kelas VIII C di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Semparuk lebih dominan pada eksternal meliputi: a) Faktor keluarga atau orang tua, karena keluarga merupakan tempat pendidikan pertama bagi siswa. b) Faktor lingkungan sekolah adalah faktor yang penting. Karena di sekolah siswa akan di didik dan di bimbing untuk memiliki akhlak yang baik. c) Faktor pendekatan yang dilakukan oleh guru PAI dengan bebera metode.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

lunggi

Publisher

Subject

Humanities Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences Other

Description

The scope of the articles published covers multidisciplinary knowledge groups, including educational knowledge groups such as Islamic Religious Education, Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, Early Childhood Islamic Education, Tadris or Indonesian Language Education, Sharia Economic Law, ...