Journal of Citizenship Values
Vol. 1 No. 1 (2023): Transformasi Harmoni: Kurikulum, Program Pendidikan Karakter, HAM dan Bhineka T

Pelaksanaan Program Pendidikan Karakter di SMP Negeri 25 Depok

Isnenda Putri Pangestu (123 STKIP Kusuma Negara)
Nanda Lega Jaya Putra (STKIP Kusumanegara)
Eka Rini Wardani (STKIP Kusumanegara)
Aszrilla Gandhis Wardhanu (STKIP Kusumanegara)



Article Info

Publish Date
03 Aug 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pelaksanaan program pendidikan karakter di Indonesia dengan menggunakan metode penelitian observasi. Metode penelitian observasi digunakan untuk mengamati secara langsung implementasi program pendidikan karakter di berbagai konteks pendidikan di Indonesia. Penelitian ini dilakukan dengan melakukan pengamatan langsung terhadap kegiatan pembelajaran dan interaksi antara guru dan siswa dalam pelaksanaan program pendidikan karakter. Hasil yang didapat bahwa pendidikan karakter pada SMPN 25 Depok tidak hanya dilaksanakan pada kegiatan-kegiatan tertentu tetapi juga dalam pembiasaan yang dapat dimasukan kedalam kegiatan pembelajaran. Pendidikan karakter yang ingin dibentuk oleh SMPN 25 Depok juga mengacu pada Visi dan Misi sekolah itu sendiri. Dampak dari adanya Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) pada SMPN 25 Depok juga dapat dirasakan oleh warga sekolah. Efektivitas keberhasilan pada setiap kegiatan Pendidikan Karakter pun sangat baik untuk sekolah, siswa, maupun guru.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jcv

Publisher

Subject

Religion Education Environmental Science Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences Other

Description

Journal of Citizenship Values is a peer-reviewed and open-access journal published by Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Kusuma Negara, Jakarta, half-yearly in July and January. Journal of Citizenship Values highlights multidisciplinary studies that explore the complexity of social ...