Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pelaksanaan program pendidikan karakter di Indonesia dengan menggunakan metode penelitian observasi. Metode penelitian observasi digunakan untuk mengamati secara langsung implementasi program pendidikan karakter di berbagai konteks pendidikan di Indonesia. Penelitian ini dilakukan dengan melakukan pengamatan langsung terhadap kegiatan pembelajaran dan interaksi antara guru dan siswa dalam pelaksanaan program pendidikan karakter. Hasil yang didapat bahwa pendidikan karakter pada SMPN 25 Depok tidak hanya dilaksanakan pada kegiatan-kegiatan tertentu tetapi juga dalam pembiasaan yang dapat dimasukan kedalam kegiatan pembelajaran. Pendidikan karakter yang ingin dibentuk oleh SMPN 25 Depok juga mengacu pada Visi dan Misi sekolah itu sendiri. Dampak dari adanya Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) pada SMPN 25 Depok juga dapat dirasakan oleh warga sekolah. Efektivitas keberhasilan pada setiap kegiatan Pendidikan Karakter pun sangat baik untuk sekolah, siswa, maupun guru.
Copyrights © 2023