Sosial Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan IPS
Vol 3, No 1 (2023): April 2023

RANCANG BANGUN MEDIA E-MODUL KONTEN PROFESI PADA PEMBELAJARAN IPS UNTUK ANAK SEKOLAH DASAR

Rahma Rahadiana (Universitas Pendidikan Indonesia)
Tin Rustini (Universitas Pendidikan Indonesia)
Nurul Hidayah (Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
13 Jun 2023

Abstract

Abstrak. Penelitian yang dilakukan didasari dari studi pendahuluan buku tematik siswa dan buku guru, yang memaparkan materi mengenai konsep profesi. Penelitian desain dan pengembangan ini bertujuan untuk: 1) Menghasilkan produk E-Modul pada mata pelajaran IPS kelas IV; 2) Mengetahui kelayakan hasil uji produk E-Modul pada mata pelajaran IPS kelas IV; 3) Mengetahui respon guru dan siswa mengenai produk E-Modul pada mata pelajaran IPS kelas IV. Penelitian ini menggunakan model pengembangan dapat disebut dengan model ADDIE yang memiliki 5 tahapan yaki: 1) Analyze; 2) Design; 3) Development; 4) Implementation; 5) Evaluation. Penelitian ini menghasilkan produk E-Modul interaktifsebagai alat bantu siswa dalam memahami materi khususnya mengenai konsep profesi. Hasil skor penilaian validasi produk pada ahli materi yaitu sebesar 76,31% (layak), pada ahli media diperoleh sebesar 98,43% (sangat layak), dan pada ahli bahasa sebesar 81,25% (sangat layak). Dari hasil ketiga validasi menunjukan bahwa E-Modul yang dikembangkan dapat diuji cobakan. Selanjutnya pada respn guru san siswa terhadap E-Modul secara berurutan yaitu sebesar 96,05% (sangat layak) dan 89,23% (sangat layak). Dari hasil validasi seta respon guru dan siswa dapat dikatakan bahwa media pembelajaran E-Modul mengenai materi “Jenis-jenis pekerjaan berdasarkan letak Geografisnya” layak digunakan dalam pembelajaran IPS.Kata Kunci: Media Pembelajaran, Ilmu Pengetahuan Sosial, Jenis-jenis pekerjaan, Model ADDIE

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JPIPS

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

SOSIAL KHATULISTIWA Jurnal Pendidikan IPS (SKJPI) is an open access, and peer-reviewed journal. SKJPI aims to disseminate Conceptual thinking or ideas, reviews, and research findings/results in Social Studies Education. The results of research and analysis contained in the journal accommodate ...