Penelitian ini dilatar belakangi oleh pembelajaran di masa pandemi yang membuat motivasi belajar siswa menurun karena kondisi yang tidak menentu. Salah satu cara untuk meningkatkan motivasi belajar adalah dengn menggunakan media dan platform pembelajaran yang menarik sesuai kebutuhan siswa. Penelitian ini bertujuan menguji pengaruh platform kahoot terhadap peningkatan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran IPS di SMPN 12 Bandung. Metode yang digunakan quasi experimental design dengan model nonequivalent control group design, dimana kelas eksperimen dan kontrol keduanya diberi pre-test dan post-test. Pengumpulan data motivasi belajar siswa menggunakan angket. Setelah data terkumpul, dilakukan analisis kuantitatif dengan uji SPSS. Hasil motivasi belajar siswa di kelas eksperimen dan kontrol memperoleh nilai sig(2-tailed) pada pre-test di kelas eksperimen dan kelas kontrol keduanya menunjukkan 0.057> 0.05, artinya Ho diterima. Sedangkan, pada post-test di kelas eksperimen dan kontrol menunjukkan 0.014<0.05 artinya Ho ditolak. Dapat disimpulkan, bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan pada motivasi belajar siswa pada pre-test di kelas eksperimen maupun kontrol. Sedangkan, pada post-test di kelas eksperimen yang menggunakan platform pembelajaran kahoot dengan kelas kontrol yang menggunakan google classroom dalam pembelajaran IPS terdapat perbedaan yang signifikan pada motivasi belajar siswa. Sehingga, platform kahoot lebih memiliki pengaruh yang signifikan terhadap motivasi belajar siswa dibandingkan google classroom. Kata kunci: Platform Kahoot, Motivasi Belajar Siswa, Pembelajaran IPS
Copyrights © 2022