penelitian ini dilakukan dengan maksud untuk: 1) Untuk mengidentifikasi gambaran hasil belajar siswa baik sebelum maupun sesudah penerapan model pembelajaran problem solving, 2) untuk mengetahui adanya variasi hasil belajar matematika antara penggunaan paradigma pembelajaran problem solving. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 57 Kendari dengan subjek penelitian adalah 30 murid yang ada di kelas IV; 13 laki-laki serta 17 perempuan. Penelitian dengan jenis eksperimen dengan desain One Group Prettest-Posttest Design ini memeroleh data dari 1) Sebelum menerapkan model problem solving, hasil tes deskriptif siswa rata-rata 63,86; setelahnya didapatkan hasil rerata 78,45. Angkat rerata didapatkan siswa pada kedua test mengidentifikasi bagaimana paradigma problem solving mampu memberikan peningkatan pada hasil dari belajar mereka. 2) hasil uji statistik dengan memanfaatkan uji Paired Sample T-tes diatas diketahui bahwa nilai Sig.(2-tailed) ialah 0,000 atau Sig.(2-tailed) < 0,05 jadi menghasilkan hipotesis yaitu H0 ditolak serta H1 diterima. Jadi, dapat dikatakan bahwa ada dampak yang signifikan pada model pembelajaran problem solving pada hasil dari belajar mereka dalam pembelajaran matematika di kelas IV SDN 57 Kendari.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023