Jurnal Ilmiah Pembelajaran Sekolah Dasar
Vol. 5 No. 1 (2023): Jurnal Ilmiah Pembelajaran Sekolah Dasar

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI KELAS IV SD

Pasudi, Kristina (Unknown)
La Ili (Unknown)
Mustari, Facharuddin (Unknown)
Hikmawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2023

Abstract

penelitian ini dilakukan dengan maksud untuk: 1) Untuk mengidentifikasi gambaran hasil belajar siswa baik sebelum maupun sesudah penerapan model pembelajaran problem solving, 2) untuk mengetahui adanya variasi hasil belajar matematika antara penggunaan paradigma pembelajaran problem solving. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 57 Kendari dengan subjek penelitian adalah 30 murid yang ada di kelas IV; 13 laki-laki serta 17 perempuan. Penelitian dengan jenis eksperimen dengan desain One Group Prettest-Posttest Design ini memeroleh data dari 1) Sebelum menerapkan model problem solving, hasil tes deskriptif siswa rata-rata 63,86; setelahnya didapatkan hasil rerata 78,45. Angkat rerata didapatkan siswa pada kedua test mengidentifikasi bagaimana paradigma problem solving mampu memberikan peningkatan pada hasil dari belajar mereka. 2) hasil uji statistik dengan memanfaatkan uji Paired Sample T-tes diatas diketahui bahwa nilai Sig.(2-tailed) ialah 0,000 atau Sig.(2-tailed) < 0,05 jadi menghasilkan hipotesis yaitu H0 ditolak serta H1 diterima. Jadi, dapat dikatakan bahwa ada dampak yang signifikan pada model pembelajaran problem solving pada hasil dari belajar mereka dalam pembelajaran matematika di kelas IV SDN 57 Kendari.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

journal

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal Ilmiah Pembelajaran Sekolah Dasar diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Halu Oleo. Jurnal ini terbit dua kali dalam setahun yaitu pada bulan Februari, dan Agustus. Terbitan awal Jurnal Ilmiah Pembelajaran Sekolah Dasar yaitu ...