JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 6 No. 1 (2022): 2022

Peningkatan Kemampuan Kognitif dalam Pembelajaran PAI Secara Daring Siswa Kelas II SDN Nagasari III Karawang Barat

Santika Yuniar (Unknown)
Undang Ruslan Wahyudin (Unknown)
Neng Ulya (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Mar 2022

Abstract

Pembelajaran Daring sangat dikenal di kalangan masyarakat dan akademik dengan istilah pembelajaran online (online learning), istilah lain yang sangat umum diketahui adalah pembelajaran jarak jauh (learning distance). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran daring dalam peningkatan kemampuan kognitif peserta didik pada mata pelajaran PAI di kelas II SDN Nagasari III Karawang Barat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif bersifat deskriptif. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa dalam pelaksanaan pembelajaran daring dalam peningkatan kemampuan kognitif peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas II dilaksanakan dengan cara daring dalam aplikasi whatsapp, mengisi kehadiran, mengirim tugas-tugas harian, memberikan ceramah tentang kisah Nabi lalu merangkumnya, memberikan 5 atau 10 soal untuk dikerjakan. Selain itu dalam peningkatan kemampuan kognitif peserta didik pada mapel PAI di kelas II A, B, dan C ini dilihat dari hasil nilai ujian PTS, kelas II A didapat 75-80 sedangkan kelas II B dan II C didapat nilai 80-90 artinya nilai yang didapat meningkat. Tetapi guru tidak mengetahui siswa di rumah malas atau rajin, hanya dilihat dari proses pembelajaran saja, sehingga pembelajaran daring ini kurang efektif daripada belajar langsung atau tatap muka.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...